Tue. Jan 18th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Ulasan Musik : Peran Penting Wartawan Dalam Karir Seorang Musisi

Oleh: Amin Bearland

Apapun yang didapat seorang wartawan setelah menaikkan jenjang karir seorang musisi dan penyanyi selalu sama, materi tidak didapat tapi kepuasan menjadi kebanggaan. Karena wartawan adalah sebuah profesi idealis yang sangat sulit untuk dinilai dengan uang. Nah !

Memang ada musisi yang karirnya menanjak tidak selalu karena campur tangan wartawan. Banyaklah. Sebagai contoh, karena materi lagu yang bagus, kecerdasan sang manager, produser atau perusahaan rekamannya. Airplay radio, atau sering tampilnya di stasiun televisi. Ada pula yang bergerilya sendiri tampil dari panggung ke panggung tanpa dibayar.

Tapi rasanya sentuhan tulisan wartawan tetap dibutuhkan. Kenapa? Karena yang membentuk opini publik di masyarakat hanya seorang wartawan yang bisa melakukan. Bagaimana mungkin seorang musisi yang benar-benar piawai memainkan alat musiknya atau menyanyikan lagunya, bahkan penampilan atau gaya hidupnya bisa diketahui oleh masyarakat tanpa ada yang menyebarluaskan. Dan hasil “gorengan” otak wartawan untuk memberitahu publik dan bahkan ada yang mampu mengelabui publik dengan gaya tulisannya yang bisa membuat publik menjadi penasaran dan bisa hanyut karena membaca tulisannya.

Gosip, woro-woro, gembar-gembor, atau apalah adalah yang biasa dilakukan oleh wartawan. Itulah promosi yang selama ini sering dilakukan wartawan untuk menaikkan karir seorang musisi atau penyanyi.

Menggiring opini publik bukan pekerjaan mudah. Karena pasti akan menuai pro dan kontra, ada yang suka dan ada yang tidak suka. Ini risiko yang harus dihadapi seorang wartawan saat melepas tulisannya ke publik. Tapi untuk musisi atau penyanyi yang diangkatnya hanya cukup berpenampilan sesuai dengan opini yang dibuat sang wartawannya.

Menurut Bongky Marcel, salah seorang musisi senior, “Wartawan juga bisa bikin fatwa. Bukan cuma lembaga lain yang bisa keluarin fatwa. Wartawan juga berhak!”

Kenyataannya memang banyak musisi, band atau penyanyi yang terangkat namanya karena hasil “gorengan tulisan” wartawan. Tapi di sisi lain juga banyak wartawan yang “membully” mereka. Hal ini biasa terjadi karena ada sesuatu yang dianggap wartawan tidak pantas dilakukan oleh seorang musisi atau penyanyi.

John Lennon pernah berucap “The Beatles Lebih Sukses Dari Yesus”, ucapan John Lennon ini diangkat lewat tulisan oleh seorang wartawan dan menjadi kontroversial. The Beatles pun melesat namanya. Begitu juga dengan band lokal Slank, yang disebut sebagai “Band Slengean” melesat namanya karena gaya hidup mereka yang dijuluki seorang wartawan, bahkan menjadi fenomenal sampai saat ini. Ini sebuah Opini yang tersampaikan ke publik.

Dan masih banyak lagi musisi dan penyanyi yang terangkat karirnya karena buah tangannya wartawan.

Pertanyaannya sekarang, setelah musisi atau penyanyi itu sukses dan punya banyak uang, masih ingatkah dengan seseorang yang telah mengangkat Karirnya? Dialah wartawan yang hidupnya tidak pernah berkelebihan. Malah ada yang tinggal di gang sempit.

Semoga tulisan ini bisa menjadikan cermin bahwa “kacang tidak boleh melupakan kulitnya”.

(penulis adalah pengamat musik dan wartawan Rakyatmerdekanews)