Tue. Jun 28th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

KSOP Tanjung Perak Luncurkan Aplikasi Sirita dan E- Pelaporan

Rakyatmerdekanews.com ,Jakarta –  Untuk meningkatkan pelayanan kinerja dan memberikan kemudahan Informasi Pelabuhan, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak melakukan terobosan dengan meluncurkan dan mensosialisasikan 2 (dua) Aplikasi Berbasis Website yaitu “SIRITA” dan E Pelaporan Pengawasan Pelaksanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak,Yefri Meidison,dalam siran pers,menginformasikan adalah invosi tersebut diluncurkan bertepatan pada acara Rapat Evaluasi Pekerjaan Pembangunan Sarana dan Prasarana Pelabuhan Tanjung Perak Tahun 2022.

“SIRITA singkatan dari Sistim Informasi Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Perak adalah aplikasi yang memuat Sistim Informasi Rencana Induk Pelabuhan Berbasis Digital meliputi Informasi Tahapan Pengembangan Pendek, Menengah dan Panjang, Informasi Fasilitas Sarana dan Prasarana sesuai RIP dan terpasang, Informasi Kedalaman Alur, Infomasi Tarif, Informasi Lingkungan Hidup dan Informasi Rencana Investasi melalui link http://sirita.portalperak.com,” ujarnya.

Aplikasi ini dapat diakses oleh seluruh masyarakat yang membutuhkan informasi Pelabuhan Tanjung Perak dan 29 (Dua puluh sembilan) Pelabuhan di bawah Koordinasi Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak dan selanjutnya para stakeholder dapat menyampaikan laporan serta mengajukan permohonan Izin, Rekomendasi dan Persetujuan serta mengecek status permohonan melalui aplikasi SIRITA.

Aplikasi SIRITA ini merupakan inovasi aksi perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator dari Kepala Bidang Perencanaan dan Prmbangunan Kantor Otoritas Pelabuhan Tg Perak, Rita EM Simanjuntak.

“Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih dukungannya atas terlaksananya inovasi aksi perubahan aplikasi SIRITA dan E-Pelaporan. Melalui penerapan aplikasi ini, diharapkan menciptakan Pelabuhan Tanjung Perak yang berdaya saing dan berkelas dunia,” ujarnya.

Selain SIRITA, terdapat aplikasi yang akan diterapkan yaitu aplikasi E Pelaporan adalah Sistem Pengawasan Pelaksanaan Pembangunan Sarana dan Prasarana yang menyajikan laporan progres pelaksanaan pembangunan di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak dengan E Pelaporan diharapkan stakeholder dapat mudah, cepat, tepat waktu dalam menyampaikan laporan pengawasannya dan tersusun database seluruh kegiatan pembangunan di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak.

Sebagai informasi, E-Pelaporan dapat diakses melalui portalperak.com. E-Pelaporan merupakan inovasi aksi perubahan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Kepala Seksi Analisa Evaluasi dan Tarif, Ronia Ambarini, pada Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak. (Delly M)