Tue. Jun 28th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Bantah Pungli, UPPKB Cilincing Komitmen Raih WBK

Jakarta-RMNews.com: Menanggapi tuduhan adanya Pungutan Liar (Pungli) yang ditujukan kepada Unit Pegelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB)  Cilincing, Jakarta Utara, Christianto mantan Kepala UPPKB Cilincing memastikan sejak dirinya berdinas di tempat tersebut, UPPKB Cilincing bebas dari Pungli, hal ini dikarenakan UPPKB Cilincing berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbenah diri untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

“Saya juga tidak pernah dikonfirmasi oleh media yang memberitakan adanya Pungli di UPPKB Cilincing. Nama saya juga disebut-sebut, padahal saya kan sudah pindah sejak 9 Juni 2022. Ada yang bilang ngancam lagi, padahal tidak benar,” ungkap Christianto kepada awak media saat menanggapi tuduhan saat menjadi Kepala UPPKB Cilincing, Kamis (23/6) di Jakarta.

Menurutnya, tuduhan praktek Pungli saat ia menjabat sudah tidak ada, karena proses pengujian administrasi dan biaya retribusi sudah melalui sistem.

“Pemohon KIR dapat mendaftaran melalui https://ekir.jakarta.go.id dan retribusi dibayarkan langsung ke Bank DKI. Prosesnya adalah, masyarakat pemohon pengujian harus mendaftar dahulu melalui aplikasi tersebut dan membayar retribusi, baru bisa kita periksa kendaraannya. Saya juga sudah tegaskan kepada anggota, bagi kendaraan yang tidak sesuai standar atau dimensi dipulangkan agar disesuaikan dengan standar terlebih dahulu,” paparnya.

Terkait adanya pihak yang melaporkan dirinya ke beberapa instansi, Cristianto menanggapinya dengan santai.

“Saya tidak perlu dendam, biar Allah Maha Kuasa yang membalas. Jika saya dilaporkan, saya tinggal ikuti saja, kan sudah ada mekanismenya,” tuturnya.

Sementara itu, Januar, petugas unit penandatanganan hasil uji UPPKB Cilincing, Januar mengatakan UPPKB Cilincing melayani sekitar 300 unit kendaraan setiap hari.

“Setiap hari kami melayani sekitar 300 unit kendaraan, dari jumlah tersebut, rata-rata 10-15 unit kendaraan kami temukan tidak memenuhi standar atau dimensi. Jika tidak sesuai langsung kami pulangkan agar diperbaiki sesuai standar lagi baru datang kembali untuk dilakukan pengujian,” pungkasnya.

Seperti diketahui pelayanan dan fasilitas pengujian kendaraan bermotor di UPPKB Cilincing telah mendapatkan akreditasi A dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. (ips)