Thu. Sep 29th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Pemkot Tangerang Jemput Bola Skrining TB Paru

Rakyatmerdekanews.com – Kota Tangerang – Sebagai upaya penemuan kasus Tuberkolosis (TB Paru) sedini mungkin, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), melakukan skrining TB Paru di Pasar Induk Tanah Tinggi, pada Selasa (02/08/22). Skrining dilakukan pada pegawai dan buruh bongkar muat yang berada di Pasar Induk Tanah Tinggi.

“Jadi, kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi kasus TB Paru sedini mungkin di Kota Tangerang sekaligus edukasi terkait penyakit TB Paru ini. Kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari dengan sasaran sebanyak 500 sampai dengan 600 pegawai,” ungkap Kepala Puskesmas Tanah Tinggi, dr. Fery Ferdiansyah.

Ia melanjutkan, selain dengan sistem jemput bola seperti ini, masyarakat juga dapat mengunjungi puskesmas untuk melakukan skrining TB paru secara gratis.

“Di puskesmas kami sudah ada penanggung jawab untuk TB Paru. Jadi, selain dengan sistem jemput bola ini, bisa juga mengunjungi puskesmas dan skrining dengan gratis tanpa dipungut biaya termasuk dengan obat-obatan jika dinyatakan positif TB,” lanjut dr.Fery.

Di lokasi yang sama, Direktur Keuangan Pasar Induk Tanah Tinggi, Luthfie Ali Saleh berterima kasih kepada Pemkot Tangerang telah mengadakan skrining TB Paru ini secara gratis di Pasar Induk Tanah Tinggi. Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kota Tangerang dan Dinas Kesehatan, kami tidak terpikir sebelumnya untuk memeriksa penyakit TB Paru ini. Semoga seluruh pegawai dan buruh di sini tidak ada yang positif. Saya harap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin,” tutupnya. (Rat)