Thu. Aug 11th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Korem 072/Pamungkas Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah / 2022 Masehi

Yogyakarta, — Korem 072/Pamungkas menggelar peringatan tahun baru Islam 1444 Hijriah / 2022 Masehi yang dihadiri oleh Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo dengan penceramah Ustadz H. Sukarmin, S.Ag., M.Si. dari Kemenag Kota Yogyakarta bertempat di Masjid Al Hidayah Korem 072/Pamungkas. Jl. Reksobayan No. 4, Kota Yogyakarta. Selasa, (2/8/2022).

Peringatan tahun baru Islam kali ini mengambil tema “Tahun Baru Islam 1444 Hijriah / 2022 Masehi Sebagai Momentum Memaknai Hidup Dengan Semangat Hijrah”.

Danrem 072/Pamungkas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo menyampaikan,
sejarah penetapan awal tahun baru Islam atau awal penanggalan Hijriah adalah merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah. Peristiwa itu merupakan salah satu momen penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada tahun 622 Masehi. Peristiwa Hijrah dilakukan sebagai strategi dakwah dalam menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif masyarakat di Makkah.

“Saya berharap kepada seluruh anggota Makorem 072/Pamungkas agar dapat memaknai tahun baru Islam 1444 Hijriah / 2022 Masehi kali ini dengan semangat baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik”. Pungkasnya.

Sementara itu Ustadz H. Sukarmin dalam ceramahnya menyampaikan ada 3 golongan orang yang dicintai oleh Allah SWT, diantaranya pertama adalah orang beriman yaitu orang yang hanya menyembah kepada Allah SWT, kedua adalah orang hijrah yaitu orang yang mau merubah diri ke dalam hal yang lebih baik dengan iman dan ilmu sedangkan yang ketiga adalah orang jihad dijalan Allah SWT yaitu orang yang beribadah kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh.

“Hijrah sendiri diartikan sebagai perjuangan meninggalkan hal yang buruk ke arah yang lebih baik. Melalui momentum tahun baru Hijriah ini, marilah kita evaluasi dan introspeksi diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT. Seperti hijrah yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW”. Jelas Ustadz H. Sukarmin.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasiops Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Darmawan Setiady, Kasipers Kasrem Korem 072/Pamungkas Kolonel Inf Wawan Indaryanto dan seluruh anggota Makorem 072/Pamungkas. (Red)