Thu. Sep 29th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Potong Tumpeng dan Kue Ulang Tahun Tandai Puncak HKG PKK Ke-50 Tingkat Kota Tasikmalaya 

Rakyatmerdekanews.com – Kota Tasikmalaya – Tim Penggerak PKK Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 tingkat Kota Tasikmalaya mengambil tema ” Lima Puluh Tahun Gerakan PKK, berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama”,yang di gelar di salah satu Cafe yang berada di Jalan Cisalak Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, Kamis (4/8/22).

Ketua TP PKK kota Tasikmalaya Hj Rukmini Yusuf mengatakan untuk puncak HKG PKK ke-50 Tingkat Kota Tadikmalaya kami isi dengan pemberuan penghargaan kepada kader PKK yang telah mengabdikan diri ke PKK 20 tahun lebih dan saat membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian. Dalam sambutan tersebut dijelaskan bahwa HKG ke-50 PKK kali ini sangat istimewa karena merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia.

Melalui Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, saya menginginkan agar Gerakan PKK kembali pada ruh-nya, yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya apa? Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang juga harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya, maka berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan.

Oleh karena itulah, menjadi sangat beralasan bilamana Tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, adalah “Limapuluh Tahun Gerakan PKK: Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama”. Tema ini harus melekat dalam hati sanubari kita semua sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK. Tema ini juga harus menjadi tekad kita bersama,

Bahwa kita ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprahnya Gerakan PKK dalam ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat, yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

Sepanjang limapuluh tahun perjalanan Gerakan PKK, tentu banyak hal yang telah dilakukan. Dinamika perjalanan Gerakan PKK selama ini, bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua. Bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan cipta rasa dan karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus. Oleh karena itu, Gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama.

Selain itu, momentum Peringatan HKG-PKK kali ini juga harus mampu kita dayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Untuk melakukan hal itu, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana kita sepakati bersama dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX PKK Tahun 2021.

Sesuai dengan kesepakatan Hasil Rakernas IX, maka saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan Tim Penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting, karena pada hakekatnya program-program PKK dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran, ketika itu semua dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang juga baik.

Saya merasa perlu menyampaikan ini semua, karena kita semua tentu tidak menginginkan bahwa Hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 hanya menjadi dokumen yang tersimpan di dalam lemari. Sejalan dengan makna gerakan, maka Gerakan PKK yang digerakkan oleh Tim Penggerak PKK harus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan.

Saya senantiasa mendorong agar ada nuansa pembaharuan dalam Gerakan PKK, jangan monoton, dan harus ada keselarasan gerak dengan kebijakan Pemerintah. Oleh karena itulah saya mengharapkan agar momentum Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, menjadi titik tolak kita untuk memompa semangat pembaharuan kita dengan mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas kita dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas.

Sehingga saya sangat mengharapkan agar peringatan semacam ini bukan semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja. Juga bukan merupakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada lagi gaungnya.

Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK. Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah haruslah mampu menyelaraskan dengan kebijakan Program Pemerintah.

Pola pendekatan penggerakan peranserta masyarakat yang menjadi ciri khas Tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan, merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya. Oleh karena itu pula, maka Gerakan PKK sesungguhnya merupakan potensi pembangunan bagi bangsa Indonesia. Dan dengan memahami serta menyadari atas potensi yang kita miliki itulah yang kemudian senantiasa harus kita pelihara, kita kembangkan, dan kita gelorakan secara terus-menerus.

Melalui Tema Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tahun 2022 ini, saya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada Kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK, agar tetap selaras dengan Program-program Pemerintah

“Sesuai dengan Tema itu pula, maka saya ingin menyampaikan dua hal pokok kepada segenap jajaran Tim Penggerak PKK, para Kader PKK, dan Kader Dasawisma, yaitu:

1. Jiwa kerelawanan Gerakan PKK merijadi dasar bagi Bakti PKK untuk Bangsa.

2. Berbagi untuk Sesama dan saling membantu merupakan inti program Gerakan PKK,” pungkasnya.

 

D.SUHENDAR