Thu. Aug 11th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Program Doktor PAK UKI dan FK UKI Berikan Penyuluhan Iman dan Kesehatan Gizi 1000 HPK

RakyatMerdekaNews com Jakarta – Program Pasca Sarjana Pendidikan Agama Kristen Universitas Kristen Indonesia mengadakan Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) di Kampung Gasong, TPU Menteng Pulo, Rabu (3/8/2022)

PKM yang diketuai oleh Dr. Dirk Roy Kolibu, M.Th, dan anggota dr.Louisa A Langi, M.Si, MA., Roce Marsaulina, M.Th, Cherly Naray, M.Th, serta dokter muda Valentine Kanetty, S.Ked, Angellyn Christina Barra, S.Ked, Kasih Setiaman Zebua, S.Ked, dan Priskila Jesica A., S.Ked bersama melakukan pengabdian masyarakat dengan judul kegiatan “Penyuluhan Iman dan Kesehatan , Penyuluhan Kesehatan tentang gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk mencegah stunting.

Selain penyuluhan dilakukan juga kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis pada masyarakat  di TPU Menteng Pulo 3 Agustus 2022”. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah Penyuluhan iman  dilakukan oleh Dr.  Dirk Roy Kolibu, M.Th dan Kesehatan kepada keluarga agar tetap sehat di masa pandemi COVID–19 dan gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan  disampaikan oleh dr.Louisa A Langi, M.Si, MA. Masyarakat yang datang membawa kupon pengobatan gratis yang diberikan oleh tokoh masyarakat setempat. Masyarakat yang datang memberikan kupon sebagai tanda pendaftaran dan dilakukan anamnesis. Lalu selanjutnya pemeriksaan fisik (tekanan darah) serta diagnosis  dan resep obat dan dilanjutkan pemberian obat-obatan berdasarkan resep.

Jumlah kunjungan pemeriksaan sebanyak 73 penderita. Hasil diagnosa diperoleh penderita tertinggi adalah ISPA berjumlah 22 orang (28,7%). Sedangkan diagnosa lainnya yaitu penderita cephalgia berjumlah 5 orang (6.8%), hipertensi berjumlah 8 orang (10.9%), herpes zoster berjumlah 1 orang (1.3%), gout arthritis berjumlah 1 orang (1.3%), myalgia berjumlah 7 orang (9.5%), osteoarthritis berjumlah 1 orang (1.36%), tinea berjumlah 3 orang (4,1%), Diabetes melitus berjumlah 1 orang (1.36%), dislipidemia berjumlah 2 orang (2.73%), Asma berjumlah 2 orang (2.73%), scabies berjumlah 6 orang (8.21%), Rheumatoid Arthritis berjumlah 2 orang (2.73%), Gastritis berjumlah 3 orang (4.1%), GERD berjumlah 1 orang (1.36%), diare berjumlah 2 orang (2.73%), hipotensi berjumlah 1 orang (1.36%), Influenza berjumlah 2 orang (2.73%), Pioderma berjumlah  3 orang (4.1%).

Masyarakat berterima kasih dengan pelayanan penyuluhan dan pengobatan gratis yang dilaksanakan. Dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (dr. Louisa A.Langi, M.Si, M.A) turut memberikan sejumlah poster tentang kesehatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang menjaga kesehatan dan gizi yang seimbang agar masyarakat memiliki daya tahan tubuh yang baik dalam menghadapi covid-19 dan mencegah stunting. (Mon/Red)