Thu. Sep 29th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

Ditjen PKTN Kemendag Akui Aplikasi Lamansitu Lindungi Konsumen Dari Barang Mutu Rendah

RakyatMerdekaNews.Com, Jakarta —  Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan meluncurkan aplikasi jaminan kualitas barang yang diperdagangkan sekaligus melindungi konsumen dari barang bermutu rendah.

Dirjen PKTN Veri Anggrijono mengakui aplikasi Layanan Mandiri Informasi Mutu atau Lamansitu bertujuan memberi kemudahan akses informasi kepada masyarakat terkait jaminan kualitas barang. Aplikasi dapat diakses melalui https://lamansitu.kemendag.go.id atau portal SIMPKTN.

“Aplikasi berbasis daring ini mudah diakses mandiri terkait mutu barang seperti informasi Nomor Pendaftaran Barang (NPB) sebagai salah satu instrumen penting dalam menjamin mutu barang,” ujar Dirjen Veri Anggrijono dikonfirmasi media, Senin (22/8).

NPB, katanya, menjadi penanda bahwa barang telah mempunyai mutu/kualitas yang baik karena telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). “Saat ini, terdapat 119 barang yang telah diberlakukan SNI secara wajib, di luar produk pangan olahan, alat kesehatan dan kosmetik, yang wajib didaftarkan untuk mendapatkan NPB,” urai Veri Anggrijono, yang juga Plt Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag itu.

Telusur Barang
Nomor Pendaftaran Barang, Dirjen Veri melanjutkan, menjadi penting dalam menjamin ketertelusuran barang & perlindungan konsumen terhadap kerugian yang diakibatkan oleh perdagangan barang yang tidak sesuai SNI. Hal itu tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan nomor 26 tahun 2021 tentang Penetapan Standar Kegiatan Usaha & Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Perdagangan.

“Aplikasi Lamansitu diharapkan mempermudah masyarakat mengakses informasi terkait NPB melalui berbagai media elektronik seperti telefon seluler, tablet, komputer, dan lain sebagainya,” ujar Veri Anggrijono. “Masyarakat dapat memeriksa keaslian NPB yang tercantum pada barang atau kemasan dengan melakukan pencarian berdasarkan NPB, jenis produk, merek, dan nama perusahaan.”

Sementara Direktur Standardisasi & Pengendalian Mutu Ditjen PKTN, Dyah Palupi, mengharap aplikasi itu juga menjadi salah satu sarana meningkatkan partisipasi pelaku usaha dalam penerapan ketentuan terkait standar memproduksi/memperdagangkan barang berkualitas, serta meningkatkan keberdayaan konsumen dalam memilih barang dengan mutu yang sesuai standar.

“Selain informasi NPB, Lamansitu juga menyediakan informasi terkait Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) terdaftar di Kementerian Perdagangan yang dapat melakukan sertifikasi barang SNI secara wajib dan data eksportir produsen karet pemilik Tanda Pengenal Produsen Standard Indonesia Rubber (TPP SIR),” ujarnya. (Ari3f)