Thu. Sep 29th, 2022

rakyat merdeka news

Sajikan Berita.. Bukan Hoax!

CMA CGM Perkuat Investasi, Percepat Transisi Energi Dalam Shipping dan Logistik

Rakyatmerdekanews.com,Jakarta — Melakukan investasi selama lima tahun dengan Tim yang berdedikasi dengan tujuan mendorong transisi energi.Juga mempercepat dekarbonisasi di seluruh operasi shipping, inland, dan logistik secara global. Dan komitmen besar itu,bertujuan pengembangan solusi hemat energi dan efisien energi. Dan hari ini,CMA CGM Group,Senin (5/9/2022),telah mengumumkan untuk menggalangkan The Special Fund untuk Energi, didukung oleh anggaran selama lima tahun senilai USD 1,5 miliar,agar mempercepat transisi energinya dan mencapai karbon netral pada tahun 2050. Dana tersebut akan di inves untuk mendukung produksi industri bahan bakar baru, serta solusi mobilitas rendah emisi di seluruh basis bisnis Grup (maritime, overland and air freight shipping; layanan pelabuhan dan logistik; kantor). Ini akan membantu mendukung platform inovasi global yang dikembangkan bersama perusahaan besar, UMKM, perusahaan rintisan, dan komunitas akademik dan ilmiah.

Rodolphe Saadé, Chairman dan CEO CMA CGM Group, mengatakan, “CMA CGM Grup telah bertindak untuk melindungi lingkungan selama bertahun-tahun. Ini adalah inti dari keyakinan saya dan strategi kami. Namun, dalam menghadapi darurat iklim adalah tugas kita untuk berbuat lebih banyak dan mempercepat tindakan kita. Dana ini akan memungkinkan CMA CGM untuk melakukan investasi besar dalam proyek-proyek inovatif untuk mendekarbonisasi bisnis CMA CGM. Kami telah mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan untuk mempercepat transisi energi CMA CGM dan seluruh industri shipping dan logistik,”ujar kepada Rakyatmerdekanews.com,Senin (5/9/2022).

Dana terstruktur di sekitar empat garis fokus untuk mengembangkan solusi energi dan mobilitas masa depan
The Special Fund untuk Energi akan berinvestasi dalam proyek-proyek inovatif untuk mengamankan pasokan energi terbarukan dan mengeksplorasi solusi dan prototipe baru untuk memenuhi target dekarbonisasi ambisius yang akan diimplementasi di seluruh organisasi CMA CGM. Adapun fokus pertama, Mendukung pengembangan dan produksi bahan bakar terbarukan
CMA CGM Group sudah mulai merespons perubahan iklim dengan menggunakan liquefied natural gas (LNG) sebagai bahan bakar transisi maritim. Dana tersebut telah disalurkan untuk (a) mendorong munculnya fasilitas produksi skala industri untuk biofuel, biometana, e-metana, metanol bebas karbon, dan bahan bakar alternatif lainnya, dan (b) meningkatkan dan mengamankan volume sesuai dengan kebutuhan CMA CGM, dalam kemitraan dengan kelompok industri besar lainnya dengan keahlian dalam teknologi ini, atau dengan dana investasi atau perusahaan rintisan yang menjanjikan. Dana tersebut mengikuti dari proyek-proyek yang telah diidentifikasi dan diluncurkan:-proyek Salamander akan memproduksi 11.000 ton biometana generasi kedua per tahun mulai tahun 2026. Sebagai bagian dari kemitraan dengan Engie, targetnya adalah menghasilkan 200.000 ton gas terbarukan per tahun pada tahun 2028, untuk memenuhi kebutuhan CMA CGM dan seluruh industri pelayaran.-Proyek produksi dan pencairan biometana, yang dikembangkan bersama Titan, akan menghasilkan hingga 100.000 ton pada tahun 2025, dengan kemungkinan produksi dua kali lipat pada tahun 2027.-Sebagai mitra dalam proyek Jupiter 1000 di Fos, CMA CGM Group bertujuan untuk terus bekerja sama dengan konsorsium dalam hal produksi massal e-metana rendah karbon untuk kapalnya dan memberikan solusi untuk tantangan dekarbonisasi jaringan gas dan pengelolaan sifat intermiten dari energi terbarukan tertentu. Sedangkan fokus kedua : mempercepat dekarbonisasi terminal pelabuhan, warehouse dan armada truk
CMA CGM mengoperasikan lebih dari 700 warehouse dan sekitar 50 terminal pelabuhan di seluruh dunia. Hal ini berkomitmen untuk memungkinkan fasilitas ini untuk menghasilkan listrik bebas karbon yang cukup (angin, surya, berbahan bakar biomassa, berbahan bakar hidrogen) untuk menjadi energi mandiri.

Peralatan pelabuhan yang digunakan akan dialiri listrik lebih cepat jika memungkinkan dan efektif. CEVA Logistics, anak perusahaan CMA CGM, bertujuan untuk memenuhi semua kebutuhan listriknya melalui pembangkit listrik bebas karbon pada tahun 2025. Anak perusahaan tersebut berencana untuk memasang panel fotovoltaik seluas 1,8 juta meter persegi dan memperluas penggunaan lampu LED.

Rencana transisi untuk armada truk juga akan dilaksanakan, dengan fokus khusus pada elektrifikasi truk CEVA Logistics. Ketiga : Mendukung menguji coba, dan meluncurkan proyek di ujung tombak inovasi
CMA CGM telah lama terlibat dalam mendukung pengembangan proyek, prototipe, dan uji coba.

Pada Februari 2020, CMA CGM bergabung dengan Energy Observer untuk menjadikan hidrogen sebagai salah satu sumber energi masa depan. Dengan proyek Energy Observer 2, para mitra telah mengambil langkah maju baru dengan bekerja sama dalam prototipe kapal kontainer intra-regional yang berbahan bakar hidrogen cair dan dirancang untuk memenuhi standar teknis dan logistik terbaru. Proyek ini difokuskan pada pengembangan aplikasi praktis untuk teknologi baru ini, untuk memungkinkan pengiriman maritim bebas karbon dalam skala yang lebih besar, khususnya untuk jarak dekat.

CMA CGM juga telah memutuskan untuk mengakuisisi saham di Neoline, sebuah prototipe kapal kargo bertenaga layar yang akan melayani rute transatlantik pada akhir tahun 2024. CMA CGM ini juga mendukung SeaOrbiter, sebuah prototipe kapal penelitian kelautan dan laboratorium oseanografi terapung yang dirancang oleh arsitek Prancis Jacques. Rougerie yang sedang menjajaki jalur menuju ekonomi biru yang sedang berkembang.

Tim R&D CMA CGM Group akan terus mengoptimalkan desain dan propulsi kapal kontainer besar untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, sambil mengembangkan solusi yang semakin efektif untuk membantu membuat pengiriman kargo laut, darat, dan udara menjadi lebih hemat energi.

Fokus keempat: Mengejar penghematan energi dan meningkatkan efisiensi energi metode kerja dan mobilitas harian karyawan CMA CGM. Fokus keempat ini memiliki tiga tujuan utama:
– Rencana pengelolaan energi gedung untuk gedung perkantoran CMA CGM Group yang akan mengurangi penggunaan energi (investasi dalam insulasi, otomatisasi, renovasi energi) dan mendiversifikasi bauran energinya (panel surya, putaran air laut).
– Mendorong penggunaan soft mobility oleh karyawan untuk perjalanan pulang-pergi dan bisnis, sambil meningkatkan sistem work-from-home yang digunakan untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu.
– Melibatkan 150.000 karyawan CMA CGM Grup melalui pendekatan lingkungan holistik yang menghargai inisiatif perlindungan lingkungan dan efisiensi energi yang inovatif.

The special fund yang didukung oleh anggaran USD 1,5 miliar dengan tim yang berdedikasi. Dana tersebut akan didukung oleh anggaran USD 1,5 miliar dan dikelola, mulai Oktober 2022, oleh tim khusus yang menyatukan beberapa insinyur, pakar energi, analis keuangan, dan manajer proyek paling berbakat di CMA CGM Grup. Beroperasi sebagai organisasi lintas fungsi yang mencakup semua operasi dan divisi Grup, ini akan memandu strategi keseluruhan Grup untuk mengembangkan solusi energi rendah karbon dan mempercepat implementasinya.

Dana khusus di jantung ekosistem inovasi
CMA CGM selalu menganggap kinerja keuangannya tidak dapat dipisahkan dari tanggung jawab sosial dan kinerja lingkungannya. Ini sangat berkomitmen untuk memimpin dalam dekarbonisasi industri pengiriman dan logistik dengan memelopori teknologi inovatif dan ramah lingkungan. Untuk melakukannya, ini melibatkan ekosistem start-up, proyek R&D dan beragam pemangku kepentingan yang inovatif dan alat generasi berikutnya. (Delly M)