Anggota DPR RI Zulfikar Hamonangan bersama KESDM Resmikan PJUTS di Kota Tangerang

RMnews, Kota Tangerang. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI) Komisi VII Fraksi Demokrat Zulfikar Hamonangan S.H dan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Ditjen EBKE KESDM) meresmikan dan serah terima Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Jln. Dongkal Cipondoh, RT.002/RW.003, Kel. Cipondoh Indah, Kec. Cipondoh Kota Tangerang, Jumat (31/05/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut PJ. Walikota Tangerang yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Dr. H. Ahcmad Suhaely S.STP, Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan PJU Aang Subhan Alim, Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan PJU Hendi Alamsyah, Lurah Cipondoh Indah H. Muhammad Husein S.IP, Camat Cipondoh yang diwakili oleh Kasi Trantib Kec. Cipondoh Hendra S.IP, Tenaga Ahli DPR RI Bagus Triyanto S.T.M.M, Sekretaris AMPD Kota Tangerang Jamaluddin atau biasa disapa Black, dan perwakilan masyarakat penerima manfaat PJU-TS.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Dr. H. Ahcmad Suhaely mengungkapkan rasa terima kasih kepada Anggota DPR RI Zulfikar Hamonangan beserta Kementerian ESDM, sebab pencahayaan jalan merupakan sarana yang sangat dibutuhkan warga setempat.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Tangerang yang mewakili berharap bantuan PJU-TS dapat berlanjut, karena bisa membantu para warga beraktifitas di malam hari serta meminimalkan kecelakaan akibat kurangnya pencahayaan jalan. “Ucap Ahcmad Suhaely.

Sementara itu, Perwakilan dari Ditjen EBTKE yang diwakili oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE Ir. Senda Hurmuzan Kanam mengatakan, bahwa pemasangan PJU-TS yang dilaksanakan oleh Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE bersama Komisi VII DPR RI sejak tahun 2015-2023 sebanyak 135.719 Unit atau setara menerangi sepanjang jalan 6.785 Km.

“Pada tahun 2023 DPR RI melalui Aspirasi Anggota DPR RI Komisi VII Zulfikar Hamonangan S.H. berhasil memasang 500 unit PJU-TS yang tersebar di beberapa wilayah dengan rincian sebagai berikut Kota Tangerang 186 Unit, Kota Tangerang Selatan 14 Unit dan Kabupaten Tangerang 200 Unit. “Tutur Senda Hurmuzan Kanam.

Ia menambahkan, pada tahun 2023 total PJU-TS yang telah terbangun sebanyak 23.056 Unit atau setara menerangi sepanjang jalan 1.152 Km di seluruh Indonesia.

“Program PJU-TS akan terus didorong pemerintah sebagai instrumen untuk memastikan bahwa masyarakat seluruh Indonesia mendapatkan energi yang modern dan berkeadilan. “Tutupnya.

Ditempat yang sama Anggota DPR RI Komisi VII Zulfikar Hamonangan S.H mengatakan, bahwa sejak tahun 2020, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM melaksanakan pemasangan PJU-TS berasal dari serapan usulan aspirasi oleh pihaknya diwilayah Tangerang Raya.

“Saya adalah wakil anda di wilayah Tangerang Raya yang meliputi Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang dan ditugaskan di komisi VII yang bermitra dengan Kementerian ESDM, “Ujar Politikus dari Fraksi Demokrat itu.

Legislator asal Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III ini menyampaikan, bahwa pemasangan PJU-TS tahun anggaran 2024 adalah hasil aspirasi yang dia serap secara bertahap.

“Bantuan-bantuan yang kami sampaikan ini merupakan usulan kami kepada Kementerian ESDM agar memberikan program yang langsung dirasakan kemanfaatannya oleh warga khususnya yang ada di Dapil saya, yaitu Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang. “Pungkasnya.

Peresmian PJU-TS ditandai dengan pemotongan pita disalah satu tiang PJU-TS yang ada di wilayah Cipondoh Indah Kota Tangerang.

Untuk diketahui, program pemasangan PJU-TS merupakan perwujudan dari visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, khususnya misi poin ketiga disebutkan “Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan”. (Yuyun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *