300 Jam Belajar Tata Rias Pengantin, LKP Trias Beauty School Bekerjasama Kemendikbudristek Memulai Program Kecakapan Wirausaha Platinum 2024

Rakyatmerdekanews.com, Bekasi – Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Trias Beauty School memulai program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Platinum tahun 2024 berupa keterampilan tata rias pengantin Sunda Siger Berkerudung dan Jogja Putri pada Senin (8/7/2024).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenbudristek). PKW ini diikuti oleh 40 orang peserta didik dan berlangsung selama 300 jam pembelajaran di LKP Trias Beauty School secara gratis.

Direktur LKP Trias Beauty School, Iin Susilawaty, S.Pd., M.M mengatakan, program yang diadakan ini sebenarnya diminati lebih dari 157 orang, tapi mereka menyeleksinya menjadi 40 orang yang terpilih melalui wawancara dan keseriusan peserta dalam menciptakan peluang usaha.

Program dari Kemenbudristek selalu sejalan dengan LKP yang ada di Kota Bekas, yakni menciptakan pengusaha muda. Oleh sebab itu, peserta program ini berusia 16-25 tahun, yaitu usia sekolah tapi tidak sekolah.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya program ini yang menjadi kesempatan dan bisa kami laksanakan program tata rias pengantin Sunda Siger Berkerudung dan Jogja Putri,” ucap Iin pada saat acara pembukaan program ini di LKP Trias Beauty School, Kota Bekasi, Senin (8/7/2024).

Sambung Iin menjelaskan, pelatihan yang diberikan tidak hanya tata rias pengantin saja. Peserta akan dibekali materi pembelajaran mengenai pendidikan karakter atau etika jabatan, etika profsionalisme, softskill, digital marketing, dan kewirausahaan. Untuk waktu pelatihan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan.

“Namun yang paling utama dari semua itu adalah pendidikan karakter karena cantik saja tidak menjamin bisa sukses. Yang menjamin kesuksesan itu pendidikan karakter dan kami ajarkan hal itu juga,” jelas Iin.

Disisilain, Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Epih Hanafi M., M.Pd. berharap para peserta pelatihan tata rias pengantin di LKP Trias Beauty School tetap semangat dan menciptakan peluang kerja.

“LKP Trias ini sudah langganan dari pihak kami yang menghasilkan aset-aset bagi Kota Bekasi selama beberapa tahun terakhir. Ini juga upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi angka pengangguran,” ucapnya.

Epih menambahkan, dengan program ini pihak Kota Bekasi sangat berharap peserta didik yang usianya masih tergolong muda bisa menciptakan peluang usaha. Terlebih, kata Epih, tujuh persen warga Kota Bekasi masih belum memiliki pekerjaan.

“Kota Bekasi ini terkenal dengan penghasil jasa, jadi kita berupaya meningkatkan keterampilan para pemuda di Kota Bekasi. Saya juga melihat program seperti ini bisa mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

“Selain itu, program ini juga menjadi tempat untuk mengembangkan potensi diri, fokus dan disegerakan dengan kemampuan yang dilatih agar ke depan ada perubahan signifikan terhadap diri potensi yang luar biasa, jangan sampai potensi yang luar biasa terhambat karena persoalan kecil,” ucap Epih.

Program ini mendapatkan dukungan dari PT Pesona Amaranthines Cosmetiques, PT Importal Group, dan IGC (DIDUKA) selain itu, LKP Trias Beauty School juga bekerja sama dengan menggandeng Mitra UMKM, Platform Digital, serta Permodalan dari Perbankkan.

PT Pesona Amaranthines Cosmetic dan PT Importal Group selaku salah satu pendukung Program PKW Platinum yang diselenggarakan oleh LKP TRIAS Beauty School, Eni Heryanti selaku perwakilan perusahan tersebut menjelaskan, pihaknya siap memberi dukungan penuh untuk program ini. Terlebih mereka melihat kalau pelatihan ini bisa membangkitkan dunia tata rias di daerah Depok, Bekasi, dan Bogor.

“Ini dukungan pertama kami, tapi saya melihat dinas Kota Bekasi sangat peduli kepada bakat-bakat para perias muda yang bisa menjadi landasan dasar untuk berkembang seperti para seniornya yang sudah terkenal,” tutup Eni diacara tersebut. (and21)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *