38 Warga Binaan Lapas Bengkalis Ikuti LITMAS Oleh Pembimbing Kemasyarakatan BAPAS Pekanbaru

Rakyatmerdekanews.com, Bengkalis – 38 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bengkalis mengikuti Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) dari Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (PK Bapas) Pekanbaru, Rabu (05/06/2024).

WBP yang diusulkan Litmas ini terdiri dari pengusulan Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB). Litmas diadakan di Ruang Tunggu Kunjungan. Warga Binaan yang mengikuti Litmas dipanggil satu per satu untuk dilakukan penelitian dan wawancara.

Kalapas Bengkalis, Muhammad Lukman menjelaskan litmas merupakan dasar pertimbangan dari pola pembinaan yang ada di Lapas. Litmas merupakan kegiatan penelitian untuk mengetahui latar belakang kehidupan Warga Binaan Pemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Bapas untuk mengumpulkan data dan informasi WBP,

Pembimbing Kemasyarakatan dari Bapas melakukan wawancara dan observasi untuk mengetahui latar belakang kehidupan WBP serta kegiatan WBP selama masa pelaksanaan pembinaan di Lapas Kelas IIA Bengkalis.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir menyampaikan Litmas merupakan alat hukum yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Lapas untuk dapat menentukan bagaimana WBP nanti kedepannya dan juga sebagai langkah awal dari tahapan pembinaan dan untuk melakukan penilaian Warga Binaan Pemasyarakatan dalam menentukan program perawatan dan pembinaan yang terbaik.

Dengan adanya litmas ini diharapkan pola pembinaan akan berjalan dengan efektif dan bermanfaat bagi WBP,Seluruh Pelayanan yang ada di Lapas Kelas IIA Bengkalis gratis dan tidak dipungut biaya.”ungkap kalapas Bengkalis Muhammad Lukman.(FN)

 

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *