HAMKAM  

78 Lokasi Dalam Dan Luar Negeri Serentak Gelar Wayang Kulit Termasuk Kodim Magelang

78 Lokasi Dalam Dan Luar Negeri Serentak Gelar Wayang Kulit Termasuk Kodim Magelang

MAGELANG – Rangkaian kegiatan HUT TNI ke-78 dengan tema ” TNI Patriot NKRI Sebagai pengawal demokrasi untuk Indonesia maju,” menjadi momen istimewa bagi Kodim 0705/ Magelang.

Momen dimana TNI secara serentak mengelar pagelaran wayang kulit baik dalam dan luar negeri dengan jumlah 78 titik lokasi pagelaran tersebut.

Dimana acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk juga dilakukan secara vicon dipimpin langsung oleh panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur.

Dari 78 titik lokasi serentak dimulai pada pukul 20.00 WIB, dalam hal ini Kodim 0705/Magelang mempersembahkan pagelaran wayang kulit bersama Ki Dalang Nardi Widodo dengan lakon ” Bimo Krido bertempat di lapangan Kodim Magelang, Sabtu ( 07/10).

Di Kodim Magelang pagelaran wayang kulit dihadiri oleh Forkopimda Kota maupun Kabupaten Magelang, Pejabat Militer Garnisun Magelang, Kepala OPD Kota Magelang, Jajaran Forkopimcam Kota Magelang.

Selain itu para anggota militer maupun PNS Kodim Magelang dan warga masyarakat di wilayah Magelang juga nampak antusias.

Hal yang menarik dalam pagelaran wayang kulit semalam suntuk di kodim Magelang  adalah dimeriahkan oleh karawitan Wirama TNI-POLRI dari anggota Kodim 0705/ Magelang dan Polres Magelang Kota dibawah pimpinan Kasdim Mayor Inf Joko Nugroho sebagai pemangku karawitan Wirama TNI-POLRI.

Dandim Magelang Letkol Inf Jarot Susanto,S.H.,M.Si dalam sambutannya mengajak semua yang hadir mengambil hikmah pesan moral dalam pagelaran tersebut.

“Malam hari ini kita sama sama ikut menyaksikan pagelaran wayang kulit, mari kita sama-sama kita ikuti untuk memberikan pesan-pesan moral dan nasehat dalam dalam pagelaran wayang kulit ” terang Dandim Letkol Inf Jarot Susanto.

Dandim menuturkan bahwa acara ini dalam rangka menyambut hari ulang tahun HUT TNI ke-78 sekaligus HUT Kodam IV Diponegoro yang ke- 73.

Menurut Jarot, sinergitas antara TNI-Polri di wilayah Magelang sangat nyata nampak dengan adanya karawitan gabungan TNI-POLRI di wilayah teritorialnya.

” Bapak ibu sekalian pada malam hari ini didepan kita ada karawitan yang sudah tidak asing lagi yaitu berasal dari gabungan anggota TNI dari Kodim 0705/ Magelang dan Personil Polres Magelang Kota di Magelang menunjukkan betapa sinergitas antara TNI-Polri di wilayah Magelang,” terang Dandim.

Lebih jauh Dandim mengatakan, jika tujuan dari kegiatan ini, salah satunya untuk melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal khususnya wayang kulit.

” Wayang kulit merupakan diantara kesenian budaya dari tanah Jawa. Nguri- uri budaya Jawa untuk digaungkan oleh seluruh warga masyarakat baik kota maupun Kabupaten Magelang,” tambahnya.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas pelaksanaan pagelaran wayang kulit dalam rangka memperingati hari jadi TNI, sehingga rangkaian acara demi acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Ucapan terimakasih disampaikannya dihadapan Bupati Magelang, perwakilan dari Akmil, Rindam IV/Diponegoro Kapolres Kota Magelang dan pemerintah baik Kota maupun Kabupaten Magelang.

” Momentum pagelaran wayang kulit bersama Ki Dalang Nardi Widodo sebagai sarana untuk menciptakan rasa kebersamaan, semangat gotong- royong dan sinergitas antar instansi yang ada di Magelang ” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Dandim juga mengajak semua yang hadir turut serta ikut dalam kegiatan gowes bersama pada Minggu pagi tanggal 8 Oktober 2023 yang dimulai start dan finish di Kodim 0705/ Magelang. (Ikh)

 

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *