8 Program BUMN PELITA WARNA Tahap II Diresmikan KaKanwil DKI di Lapas Kelas I Cipinang

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta — Kepala Kanwil Kemenkumham DKI, R Andika Dwi Prasetya resmikan 8 Program Bantuan Berkelanjutan BUMN PELITA WARNA (Peduli dan Tanggap Anti Narkoba untuk Warga Binaan ) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang pada Rabu (26/06/2024).

Pada acara ini sekaligus merupakan peluncuran buku karya Warga Binaan yang telah mengikuti Program Pelatihan Literasi oleh BUMN PELITA WARNA TAHAP I.

Dalam sambutannya, Andika memberikan apresiasi atas Sinergi Lapas Kelas I Cipinang dengan BUMN PELITA WARNA karena telah berhasil membekali Warga Binaan dengan berbagai program pembinaan kemandirian yang berdampak langsung sehingga dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab.

“Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta terdapat 18 UPT Pemasyarakatan dimana hampir semuanya memiliki hambatan akan keterbatasan anggaran, baik anggaran pembinaan untuk warga binaan maupun anggaran yang dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan tusi dan operasional lainnya. Yang tentunya kolaborasi dengan pihak ke- 3 menjadi salah satu alternatif solusi dari masalah ini,” ungkapnya.

Program Bantuan BUMN PELITA WARNA TAHAP II ini diprakarsai oleh 13 BUMN yang terdiri dari PT Pelindo (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Persero), PT Wijaya Karya (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Hutama Karya (Persero), Perum LPPNPI (AirNav Indonesia), PT Taspen (Persero), PT Brantas Abipraya (Persero), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), dengan bantuan program berupa :

1. Revitalisasi Sarana dan Prasarana Sanitasi Menjadi Bio Energi;
2. Integrated Farming untuk Ketahanan Pangan;
3. Pemasaran Produk Roti, Kopi dan Kriya Bagi Warga Binaan;
4. Bantuan Kemasan dan Pemasaran Prodik Roti, Kopi dan Kriya;
5. Bantuan Peralatan Produk Kriya;
6. Sosialisasi Anti Narkoba Tahap II;
7. Revitaliasi Ruang PKBM;
8. Pelatihan Ketrampilan MS Office bersertifikat.
Sementara itu E.P. Prayer Manik Kepala Lapas Kelas I Cipinang menjelaskan bahwa, “Kolaborasi BUMN PELITA WARNA merupakan fase baru pemicu semangat, khususnya pada jajaran pembinaan yang sangat membutuhkan dukungan baik dalam bentuk anggaran maupun kegiatan atau sarana prasarana dalam pengembangan skill serta keterampilan narapidana,” ungkapnya.

Kegiatan peresmian kemudian dilanjutkan dengan acara sosialisasi anti Narkoba dengan narasumber W. Herwina Hadi, S.Si., M.Si. selaku Sub Koordinator Rehabilitasi BNN Kota Jakarta Timur dan peninjauan lapangan kegiatan pembinaan narapidana di Lapas Kelas I Cipinang.

Febrianto Zenny Sulistyo Departement Head Tanggung Jawab Sosial PT Pelindo (Persero), Salah satu perwakilan dari BUMN PELITA WARNA menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan program bantuan yang dapat dilihat langsung pada saat peninjauan lapangan.

“Kami sangat puas dan bangga bisa ikut serta menjadi bagian dalam program ini, karena program ni merupakan komitmen berkelanjutan kami untuk tidak hanya menjalankan tanggung jawab sosial, tetapi juga untuk memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat, dalam hal ini khususnya warga binaan Lapas Kelas I Cipinang,” paparnya.

Febri turut menyampaikan bahwa Program BUMN Pelita Warna Tahap 2 Tahun 2024 ini dilaksanakan sebagai upaya BUMN untuk mendukung peningkatan kualitas hidup dan pemberdayaan warga binaan, “ kami memberikan bantuan melalui 3 aspek yaitu lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan usaha sebagaimana arahan Kementerian BUMN,” ujarnya pada saat meninjau pelaksanaan program bantuan di lapangan.

Peserta yang mengikuti peninjauan lapangan tampak antusias dan terlihat menikmati kopi dan aneka roti di kedai kopi yang dinamai BUMN Cafe Corner 5pm karena kedai tersebut merupakan bantuan program BUMN PELITA WARNA TAHAP I, (Fahri)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *