Antusiasme Masyarakat Kabupaten Bandung Terima Sertipikat Tanah dari Presiden RI

Rakyatmerdekanews.com, Soreang – Ribuan masyarakat dari 55 desa di Kabupaten Bandung berkumpul dan memenuhi area Gelanggang Olahraga (GOR) Si Jalak Harupat, pada Sabtu (03/02/2024). Mereka antusias menanti hadirnya Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto yang akan membagikan total 3.000 sertipikat tanah.

Salah satu penerima sertipikat asal Kecamatan Cimaung, Arifin (63), menceritakan kisahnya mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang belakangan disebut warga jadi mempermudah pengurusan pembuatan sertipikat. “Terhitung saya ngurusnya kurang lebih enam bulan karena bertahap. Proses pendaftarannya enteng sekali, biayanya juga gratis, saya hanya beli meterai dua buah,” terangnya.

Pria yang berprofesi sebagai buruh bangunan ini berkata, ia begitu bangga karena bisa menerima sertipikat tanah secara langsung dari Presiden Joko Widodo. Ia juga mengajak agar seluruh masyarakat Indonesia yang belum mendaftarkan tanahnya agar mengikuti program PTSL ini. “Ya banggalah, apalagi ini diserahkan langsung oleh orang nomor satu di Indonesia. Kemarin, saya tahu jika banyak masyarakat yang menyesal karena belum sempat ikut,” ujar Arifin.

Hal serupa diungkapkan oleh Jijah (48), warga Kecamatan Banjaran yang juga berkesempatan menerima sertipikat pada kegiatan ini. Jijah mengaku senang atas sertipikat yang diterimanya dengan mudah dan cepat. “Ini saya ikut mendaftar dan prosesnya kurang lebih hanya bulan bulan. Saya juga dibantu untuk proses pemberkasannya,” sebutnya.

Jijah memahami betul pentingnya sertipikat tanah yang baru saja ia terima. Sertipikat ini dapat memberinya rasa aman atas aset tanahnya. “Karena sertipikat, jadinya ya sudah punya (tanah, red) saya lengkap jadi aman. Kalau untuk agunan, itu soal nanti, yang jelas ini untuk anak-anak saya dahulu,” ungkapnya.

Adapun hadir pada Penyerahan Sertipikat untuk Rakyat kali ini, Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin beserta seluruh jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Barat.

Turut hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana; Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Lampri beserta jajaran; Direktur Pengaturan Pendaftaran Tanah dan Ruang, Hasan Basri Natamenggala; serta Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Rudi Rubijaya beserta jajaran. (Tien)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *