Aturan Baru: Materi Ujian Praktek Pembuatan SIM C Lebih Mudah

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo. Mendasari Peratutan Kepala Korp Lalulintas (Korlantas)No .105/VIII/2023 yang ditetapkan pada 4/82023 tentang perubahan materi peraturan ujian praktek pembuatan SIM C. Satlantas Polres Purworejo mulai hari ini Senin(7/8/2023) juga telah melaksanakan peraturan baru ujian praktek pembuatan SIM C yang secara serentak mulai diterapkan diseluruh jajaran lalu lintas diseluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Kasatlantas Polres Purworejo AKP Andhika Alfatoni SIK, SH melalui KBO lantas Iptu Muslim SPd yang didampingi oleh Baur SIM Aiptu Tukul Puji Puriyono SH MH kepada awak media diruang kerjanya, Senin(7/8/2023).

Dijelaskan bahwa peraturan tersebut dibuat berdasarkan studi banding dan perkembangan situasi yang ada selama ini.” Untuk perubahan materi ujian praktek SIM C secara resmi telah diberlakukan diseluruh Indonesia mulai 7/8/2023, termasuk di Satlantas Polres Purworejo,” jelasnya.

“Ada beberapa perubahan dari materi yang lama yakni lebar lintasan diperlebar menjadi dua meter, materi zig- zag di tiadakan, cyrcle angka delapan di ganti dengan hiruf S. Sedangkan untuk berbalik arah tetap cuma jaraknya diperlebar menjadi lima meter,” katanya.

Dengan perubahan perubahan tersebut kata Muslim, tetap tidak mengurangi kompetensi mengemudi yang ada dan tetap dianggap layak.Sebab didalamnya diberikan edukasi tentang berlalu lintas yakni tentang peraturan berlalu lintas, seperti rambu lalu lintas, termasuk dimana lokasi berhenti, dan kapan melakukan pengereman. Jadi relatif lebih mudah dengan tidak mengurangi kompetensi mengemudi yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian praktek dilakukan setelah menyelesaikan ujian teori dan dinyatakan lulus. Pihaknya tetap memberikan kesempatan bagi peserta ujian teori pembuatan SIM C yang belum lulus. Mereka diberikan bank soal ujian teori yang dapat dipelajara dengan cara donloud melalui barkode yang tersedia diruang ujian.

Diharapkan dengan diterapkannya materi peraturan ujian praktek yang baru itu masyarakat akan lebih dipermudah dalam mendapatkan SIM C.” Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu takut tidak lulus ujian praktek.Sebab Korlantas telah memberikan kemudahan- kemudahan kepada para calon pembuat SIM C,” pungkasnya. (Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *