Banjir di Tangsel : Transformasi Citra Garden Bintaro dalam Mengatasi Masalah Banjir

Rakyatmerdekanews.com, Tangsel – Tingginya curah hujan dan saluran pembuangan air yang terbatas telah menyebabkan banjir merendam beberapa kawasan permukiman di dua kelurahan, yaitu Sawah Baru dan Sawah, Kecamatan Ciputat, Tangsel.

Kawasan permukiman di sekitar bantaran kali, terutama di Perumahan Urbana, secara rutin mengalami banjir pada musim hujan. Luapan air terjadi ketika intensitas hujan meningkat, mengakibatkan genangan air bahkan di jalan Merpati yang saluran airnya terbatas.

Namun, berbagai langkah positif telah diambil oleh Citra Garden Bintaro (CGB) untuk mengatasi permasalahan ini:

– Pembangunan jalan tembus dari Jalan Merpati Raya ke Aria Putra dengan lebar 24 meter.

– Pembuatan 2 waduk seluas 8000 meter dan kedalaman rata-rata 8 meter yang mampu menampung luapan air dari warga di dalam dan luar kompleks.

– Konstruksi saluran perimeter untuk menampung air hujan serta menyerap tenaga kerja dari sekitar.

– Dampak positif lainnya adalah kenaikan harga tanah di sekitar proyek.

– ⁠banyak sudah warga sekitar yg sudah manejadi karyawan di CGB,,sebagai satpam, OB, tukang kebun dan ada juga sebagai marketing

Air hujan dari Kelurahan Aria Putra, Serua Indah, dan Kedaung akan ditampung dalam tandon 1 dan 2 di proyek CGB. Setelah berhenti, air akan dialirkan bertahap ke kali di Jalan Merpati Raya, mengurangi risiko banjir bahkan pada curah hujan yang tinggi.

Pada pertemuan dengan warga dan tokoh masyarakat, Selasa (2/1/2024) ibu Etri, mantan Ibu RT 06 Kelurahan Serua Indah, Samit yang rumah gak jauh dari proyek citra garden bintro

menyatakan kepuasannya atas penanganan banjir ini, H Aidil Adha tokoh masyarakat dan ketua Persatuan Haji Tangerang Selatan yang tinggal di jalan Aria putra, mengatakan dampak positifnya,.harga tanah di sini menjadi naik, Warga juga menyambut baik peluang pekerjaan di CGB ( Citra Garden Bintaro )

Mardan, mantan Ketua RT, menyebut bahwa pembukaan jalan dari Aria Putra ke Merpati Raya akan mengurangi kemacetan di daerah tersebut, sambil mengucapkan terima kasih kepada pengembang CGB.

Seorang warga lainnya, tanpa ingin disebutkan namanya, mengungkapkan banyak hal positif yang dilakukan oleh CGB, termasuk peluang kerja bagi warga sekitar.

Sebelumnya, warga di sekitar proyek CGB di Kelurahan Serua Indah dan Kedaung merasakan dampak buruk dari air kotor yang tergenang di area proyek. Namun, dengan adanya perbaikan saluran perimeter yang menghubungkan saluran air warga, kini kondisinya lebih tertata dan bersih. Karena di atas saluran bisa di jadikan jalan sepanjang area proyek yang di peruntukkan oleh pengembang untuk warga di luar komplek. (Ratna)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *