Bentrok Aparat Vs Massa Terjadi Kota Magelang dalam Simulasi SISPAMKOTA

Bentrok Aparat Vs Massa Terjadi Kota Magelang dalam Simulasi SISPAMKOTA

Magelang Kota — Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan penanganan konflik sosial dan menjaga keamanan selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Kepolisian Resor (Polres) Magelang Kota menggelar Pelatihan Kepolisian Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA). Pelatihan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M dan didampingi oleh Pejabat Utama (PJU) Polres Magelang Kota. Sabtu (23/9/2023)

Dengan tema “Melalui Pelatihan SISPAMKOTA Kita Tingkatkan Kemampuan Penanganan Konflik Sosial Dalam Rangka Antisipasi Gangguan Keamanan Pada Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 Guna Memelihara Kamtibmas Di Wilayah Hukum Polda Jateng”, pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan aparat kepolisian, TNI, dan Satpol PP dalam menghadapi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama proses pemilu.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di depan Markas Kepolisian Resor Magelang Kota ini diikuti oleh peserta dari berbagai instansi, termasuk perwakilan dari TNI, personel Polres Magelang Kota, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Dalam sambutannya, Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, S.I.K., M.M. mengungkapkan pentingnya pelatihan ini dalam menjaga stabilitas keamanan selama proses pemilu.

“Melalui pelatihan ini, kita berharap para peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi potensi gangguan keamanan dan konflik sosial yang mungkin muncul selama Pemilu 2024. Keamanan masyarakat dan kelancaran pelaksanaan pemilu adalah prioritas utama kami,” kata Kapolres.

Pelatihan ini mencakup berbagai aspek, termasuk manajemen kerumunan, penanganan konflik, pengetahuan tentang hukum pemilu, serta koordinasi antara berbagai lembaga penegak hukum dan pemerintah daerah. Para peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana merespons situasi yang mungkin mengganggu keamanan selama pemilu.

Kegiatan pelatihan SISPAMKOTA ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme aparat kepolisian dan instansi terkait dalam menjaga keamanan serta mendukung pelaksanaan pemilu yang aman dan damai di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Selain itu, hal ini juga akan memperkuat sinergi antara berbagai lembaga yang terlibat dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

Semoga pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga stabilitas keamanan selama Pemilu 2024 dan memelihara kamtibmas di wilayah hukum Polres Magelang Kota. (Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *