Bupati Bengkalis Kasmarni Hadiri Festival Bakar Tongkang di Bagan Siapi-Api-Rokan Hilir

Rakyatmerdekanews.com, Bengkalis Rohil – Bupati Bengkalis Kasmarni hadiri festival Bakar Tongkang di Bagan Siapi-Api, Rokan Hilir, Sabtu (22/6/2024).

Festival tersebut telah masuk kedalam Kalender Event Nusantara, yang menghadirkan sebanyak 50.000 wisatawan dari berbagai daerah dan juga dari Luar Negeri.

Sebelum menyaksikan prosesi bakar tongkang, Kasmarni bersama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Komjen (purn) Rudi Sufahriadi, Pj. Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Danrem 031 Wirabima diwakili Kasrem 031 Wirabima Kolonel Kav Eko Agus Nugroho, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Wakil Bupati Rokan Hilir Sulaiman, serta Forkopimda Rokan Hilir, berkumpul dirumah Sugianto, yang merupakan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir atau yang dikenal dengan sebutan Toke Baut.

Sekitaran jam 16.00 Wib, rombongan tamu kehormatan menuju ke klenteng yang merupakan titik awal arak-arakan replika kapal tongkang tersebut.

Lalu, sekitar pukul 16.55 WIB, replika Kapal Tongkang yang telah diarak massa dari titik awal tersebut, dinaikkan ke atas tumpukan kertas sembahyang warna kuning, atau Kim ChuaChua, lalu replika kapal tongkang dibakar.

Bupati Bengkalis yang saat itu tiba di tempat pembakaran replika kapal tongkang, dikerumuni oleh sejumlah masyarakat asal Kabupaten Bengkalis yang saat ini berdomisili di Kabupaten Rokan Hilir.

“Alhamdulillah, hari ini kami dapat berjumpa dengan Ibu Bupati Kasmarni kebanggaan kami, meskipun kami berada di Bagan Siapi-Api, tapi hati kami tetap untuk Bengkalis,” ujar Nina yang merupakan warga Kabupaten Bengkalis yang saat ini berada di Bagan Siapi-api.

Saat berjumpa Kasmarni, mereka juga tidak ketinggalan untuk mengabadikan momen bersama Kepala Daerah Bengkalis.

Usai menghadiri kegiatan tersebut, Kasmarni memberikan apresiasi penyelenggaraan festival bakar tongkang tersebut.

“Tujuan kita kesini bukan hanya untuk menyaksikan festival ini saja, tetapi juga bisa bersilaturahmi dengan masyarakat yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, khususnya yang berasal dari Kabupaten Bengkalis, sukses terus untuk Festival Bakar Tongkang Rokan Hilir,” ujar Kepala Daerah Bengkalis.

Ikut mendampingi Bupati Bengkalis dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Bengkalis Edi Sakura, Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis Adi Pranoto, Kepala dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bengkalis Ardiansyah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Bengkalis Aready, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Bengkalis Alfakhrurrazy, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkalis Kholijah.

Lalu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bengkalis Salman Alfarisi, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bengkalis M. Thaib, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Bengkalis Suwarto, Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Hadi Prasetyo, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Ermanto, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Bengkalis Supardi, Kabag Umum Setda Bengkalis Kevin Rafizariandi, Kabag Prokopim Setda Bengkalis Syafrizal.(rls/FN)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *