Bupati Pimpin Ziarah Ke Makam Pendiri Purworejo

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo – Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH memimpin ziarah ke makam Bupati pertama Purworejo RAA Tjokronegoro I di komplek Makam Bulus dan Kayu Lawang, Jumat (23/02/2023). Pada kesempatan ini Bupati juga ziarah ke makam RAA Tjokronegoro III dan Tjokronegoro IV. Dilanjutkan ke makam Tjokronegoro II di kompleks Makam Kayu Lawang Kelurahan Mudal, Kecamatan Purworejo.

Menurut Bupati, secara keseluruhan ziarah ini untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Purworejo dan mendoakan sekaligus mengenang jasa-jasa serta perjuangan para pendahulu yang telah berjasa untuk Kabupaten Purworejo. Ia menilai perkembangan pembangunan Kabupaten Purworejo seperti saat ini tidak lepas dari perjuangan para pendahulu.

“Ziarah ini merupakan rangkaian acara Hari Jadi Ke 193 Kabupaten Purworejo, kemarin sudah diawali dengan kenduri agung dan akan dilanjutkan dengan acara selanjutnya yang sudah dirangkai oleh panitia,” ujarnya

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinsosdaldukkb Ahmat Jainudin SIP MM mengatakan ziarah ke makam-makam pendiri Kabupaten Purworejo untuk mendoakan leluhur dan meneladani perjuangan pendahulu. “Hari ini kita melakukan kegiatan ziarah ke makam leluhur yang diikuti oleh semua kepala perangkat daerah. Tujuannya untuk mendoakan serta sebagai bentuk penghargaan atas perjuangannya,” katanya .

Sekretaris Desa Bulus Muhammad Faruq mengatakan kegiatan ziarah telah dipersiapkan dengan dinas terkait dan semua pelaksanaan berjalan dengan lancar. Makam Tjokronegoro I ini menjadi salah satu objek wisata religi di Kabupaten Purworejo.

“Untuk bulan ini, bulan Ruwah dalam penanggalan jawa dan menjelang bulan ramadhan peziarah mencapai ratusan ribu orang dari seluruh Indonesia. Fenomena itu karena ada makam Mu’aziz Pondok Pesantren An-Nawawi dan makam-makam kyai lainya,” terangnya .

Mira Mutiasari dan ketiga mahasiswa UMP yang magang di Dinas Sosial Kabupaten Purworejo mengaku bangga dan antusias ikut andil menyiapkan acara Ziarah Bupati dan rombongan ke makam Bupati pertama Purworejo RAA Tjokronegoro I.

“Alhamdulillah Ziarah berjalan dengan khidmat dan kami bersyukur mendapat kesempatan untuk menyiapkan acara. Harapan untuk Hari Jadi Kabupaten Purworejo dapat terus menjadi kabupaten yang memikirkan generasi mudanya untuk bisa berkarya di tanah kelahiran sendiri,” harapnya.

Ziarah dimulai tepat pukul 08:00 WIB, jalannya acara sangat khidmat dan sakral, di kompleks Makam Bulus doa dipimpin oleh Habib Hasan Agil Al Babud pengasuh pondok pesantren Al Iman Bulus sedang di kompleks Makam Kayu Lawang dipimpin oleh Kepala Kemenag Kabupaten Purworejo, H. Aziz Muslim MPDi

Selain berdoa bersama Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH dan Pj Sekda Drs Achmad Kurniawan Kadir MPA juga melakukan tabur bunga, diikuti peserta ziarah lainnya.

 

( Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *