Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Damai, Kapolresta Inisiasi Silaturahmi 6 Pilar

Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Damai, Kapolresta Inisiasi Silaturahmi 6 Pilar

Magelang – Dalam rangka menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai, Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah menginisiasi kegiatan silaturahmi 6 Pilar Kabupaten Magelang. Kegiatan digelar di GOR Desa Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Kamis (21/09/2023) sore.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P., diwakili oleh Kepala Kesbangpol M. Taufik, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, S.H., M.Si, dan Wakapolresta Magelang AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H. Hadir pula Katua KPU Kabupaten Magelang diwakili Divisi Sosdikli dan Parmas Dwi Endis Mindarwoko, S.E., Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang diwakili Komisioner Bawaslu Sumarni Aini Habibah S.E., M.Hum, dan Divisi SDM Bawaslu Hafid.

Turut hadir para Pejabat Utama Polresta Magelang, para Kasat, para Kasi, para perwira dan Personel Polri Polresta Magelang. Juga para Pejabat dari Kodim 0705/Magelang yaitu Pasiter, Pasi Intel, Dan Unit, dan Pabung Kodim 0705/Magelang.

Selain itu hadir kepala desa se-Kec Tempuran, Bhabinkamtibmas Polsek Tempuran, Bhabinsa Koramil 22/Tempuran, Panwascam Kecamatan Tempuran, PPK Kecamatan Tempuran, Panwasdes Kecamatan Tempuran, PPS Kecamatan Tempuran.

Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., menjelaskan bahwa dirinya beserta para Forkopimda mempunyai tanggung jawab moral untuk menjaga kondusivitas di Kabupaten Magelang ini.

“Sehingga kami berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan silaturahmi 6 Pilar ini. Hari ini kami laksanakan untuk yang kedua, sebelumnya sudah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Ngluwar,” ungkapnya.

Kapolresta Magelang yakin kegiatan seperti ini sangat jarang dilaksanakan, selain itu juga untuk bertatap muka dan silaturahmi secara langsung.

“Sehingga barangkali nanti ada permasalahan dari para hadirin, kami berharap pertemuan ini membawa manfaat ke depannya. Saat ini sudah menginjak tahun politik, sehingga kami mengajak 6 Pilar ini untuk kompak dan jangan terpecah belah,” tandas KBP Ruruh.

Di lokasi yang sama Komandan Kodim 0705/Magelang turut menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk membuat 6 Pilar ini menjadi lebih solid dan kompak. Dandim berharap dengan solidnya 6 Pilar ini, Pemilu 2024 akan tercipta situasi yang aman dan damai.

“Kita berkomitmen dan berpartisipasi aktif, semua pihak saling menjaga keamanan dan kenyamanan pada Pemilu 2024. Kita akan melakukan sinergitas dengan semua pihak, sehingga berharap para hadirin juga bisa melakukan hal serupa di wilayahnya masing-masing,” ujar Letkol Inf Jarot Susanto.

Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Kesbangpol Kabupaten Magelang M. Taufik menegaskan dalam menyongsong Pemilu 2024 dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas politik. Yaitu dalam upaya menjaga suasana kebatinan masyarakat melalui pendewasaan politik, sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat integritas bangsa.

“Sebagaimana silaturahmi kepada 6 Pilar yang kita laksanakan hari ini. Mari kita bangun narasi pemilu dengan berpolitik yang tidak meninggalkan jatidiri bangsa, sebagai bangsa yang berbudaya, beretika, dan bermartabat. Dan saling menghargai menjadi kunci kebebasan politik bagi kita semua,” sambutnya.

Ditegaskan Bupati Zaenal, Pemilu bukan sekedar sebagai ajang merebut kekuasaan semata.

“Namun Pemilu harus dimaknai sebagai sarana untuk memberikan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat luas melalui optimalisasi segala potensi yang dimilikinya,” ujar Bupati Magelang. (Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *