HAMKAM  

Ciptakan Wilayah Kondusif Jelang Pemilu, Apkam Banyumas Latihan Sispamkota

Ciptakan Wilayah Kondusif Jelang Pemilu, Apkam Banyumas Latihan Sispamkota

Purwokerto – Untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif menjelang Pemilu 2024, Aparat Keamanan (Apkam) Banyumas dari TNI, Polri, Pemkab beserta instansi terkait menggelar Latihan Sispamkota. Senin (25/9/2023) di Alun-alun Pemkab Banyumas, Purwokerto, Banyumas.

Latihan Sispamkota diikuti prajurit Korem 071/Wijayakusuma, Kodim 0701/Banyumas, Polresta Banyumas dan Pemkab Banyumas beserta instansi terkait. Dan bertindak selaku pimpinan apel Sispamkota, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., dan Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK,.M.H.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han., mengatakan, simulasi sistem pengamanan kota ini sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi kerawanan yang mungkin timbul saat pelaksanaan pemilu nanti. Karenanya, aparat keamanan baik TNI, Polri, Pemkab dan instansi terkait di Banyumas menggelar simulasi Sispamkota untuk melatih kemampuan personel sebagai langkah dan upaya menjaga kondusifitas diwilayah Banyumas.

Simulasi Sispamkota ini, merupakan uji kemampuan dalam mengendalikan massa yang mengganggu pelaksanaan pemilu. Sehingga dengan dilatihkannya Sispam Kota ini, nantinya akan dijadikan prosedur tetap dalam penanganan prosedur menghadapi kontinjensi yang timbul dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang”, terangnya.

Apel simulasi ini menjadi momentum baik dari semua komponen keamanan untuk menyiagakan diri, mengukur kekuatan dan memetakan potensi gangguan keamanan dan ketertiban serta deteksi dini menjadi salah satu bukti kewaspadaan,” ujarnya.

Selain itu, Danrem juga mengatakan, latihan ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI, Polri beserta instansi terkait siap mengamankan wilayah Banyumas dan siap melindungi masyarakat Banyumas.

Danrem juga berpesan kepada segenap prajuritnya, agar dalam latihan ini, segenap prajurit dapat bersinergi dan bekerjasama dan solid guna bersama-sama mengamankan dan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar Banyumas kondusif menjelang Pemilu 2024 maupun dalam aktifitas kehidupan masyarakat kesehariannya.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, SIK,.M.H. mengatakan, latihan sispamkota yang dilaksanakan ini merupakan hasil dari latihan yang telah dilaksanakan segenap personel dalam waktu seminggu ini. “Latihan Sispamkota ini sebagai gambaran bahwa TNI, Polri dan pemerintah siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, sehingga kita semua yang tergabung dalam ham ini seperti yang telah di tandatangani bersama SOP antara TNI dan Polri terkait dengan perbantuan mau tidak mau harus siap melaksanakan tugas yang diamanatkan negara”, ungkapnya.

Kapolresta juga mengingatkan, agar apa yang sudah dilatihkan ini, untuk selalu di ingat-ingat personelnya, karena hal itu sebagai prosedur dalam penanganannya apabila kemungkinan timbul gejolak di masyarakat.

Pj. Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya latihan Sispamkota tersebut. Ia berharap, soliditas dan sinergitas harus terus dikokohkan baik TNI, Polri, Pemda, Toga, Tomas, Tokoh Pemuda dan FKUB. Untuk menjaga kerukunan umat beragama agar Banyumas tetap adem, ayem, tenteram dan lemah teles. Hal ini agar Banyumas, tetap adem dan kondusif.

Latihan Sispamkota gabungan TNI-Polri dan Pemda Banyumas ini, dilaksanakan sesuai prosedur yang diterapkan mulai dari situasi hijau, situasi kuning hingga merah, menjelang, pasca dan sesudah pelaksanaan Pemilu. (Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *