Dianggap Tak Becus Jalankan Perda, GATRA : Copot Kasatpol PP Kota Tangerang

RMnews, Kota Tangerang. Puluhan masa yang tergabung dalam perkumpulan Jurnalis, LSM dan Advokat Garda Aktif Tangerang Raya (Gatra) menggelar aksi unjuk rasa di depan pintu gerbang pabrik biji plastik PT. Fefi Plastik Jln. Imam Bonjol Gg. Kramat 1 RT. 02 RW. 03 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Karawaci Kota Tangerang, Kamis (05/10/2023).

Aksi dilakukan, lantaran pabrik yang berdiri di zona kuning sekitaran perumahan dan permukiman warga tersebut dituding telah membuat warga kebisingan dan polisi udara tercemar yang menyebabkan warga setempat mengalami Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA).

Selain itu, pabrik tersebut sudah berdiri dari tahun 2016 dan telah beroperasi selama 24 jam dan telah menyalahi aturan yang ada. Sebab aktivitas pabrik tersebut menimbulkan kebisingan pada malam hari sehingga warga setempat merasa terganggu.

Asep Subarna dalam orasinya menyampaikan “Dalam hal ini kita dari Garda
Aktif Tangerang Raya (Gatra) menuntut dengan empat tuntutan yang pertama yaitu Tutup Pabrik tersebut yang berdiri di zona kuning perumahan yang dari awal izin tersebut hanya untuk bengkel dan telah mencemari polusi udara yang mengakibatkan ISPA dan membuat warga tidak nyaman, yang kedua Copot Kasatpol PP Kota Tangerang yang tidak tegas menjalankan peraturan daerah terkait pabrik yang sudah jelas menyalahi aturan yang ada, yang ketiga Copot Kadis Perkim dan Kepala bidang Pengawasan dan pembangunan Pabrik yang berdiri di zona kuning dan yang keempat Kembalikan tugas pokok Satpol PP menegakkan Perda dan Perkada. “Ucap Asep Subarna.

Ditempat yang sama sekdis Satpol PP Kota Tangerang Agapito de Araujo menjelaskan “Terkait apa yang sudah disampaikan oleh Garda Aktif Tangerang Raya (GATRA) hari ini kita akan mengkaji ulang dan mempelajari perizinannya dan nantinya kita akan panggil pemilik perusahaan, mohon bersabar. “Ujar Agapito.

Anton, selaku perwakilan dari warga sekitar mengungkapkan bahwa setelah d tela’ah kembali lokasi pabrik tersebut memiliki izin yaitu bengkel bukan pabrik produksi biji plastik.

“Kami berharap agar Satpol PP Kota Tangerang bisa dan mampu untuk menegakan keadilan dan harus tegas menjalankan SOP penegakan dan jangan tegas nya ke pedagang kali lima saja, “ujar Anton.

Dalam aksi tersebut, masa berorasi di tiga titik lokasi. yaitu Didepan Pabrik Biji Plastik PT. Fefi, yang kedua di kantor Satpol PP Kota Tangerang, dan yang terakhir di Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang. (Yun/Tape)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *