Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Gelar Indonesia Maju Expo dan Forum 2924, Dekanasdra Kota Semarang

Rakyatnerdekanews.com, Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 untuk mendukung produk lokal serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Expo berlangsung selama empat hari dari tanggal 4 hingga 7 Juli 2024 di Assembly Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

Adapun rangkaian kegiatan expo juga beraneka ragam, di antaranya Procurement Network Forum; Seminar Bisnis Online dari Omsang; Digital Marketing Class; Talkshow terkait ekspor dan penyakit jantung; Lomba Tari Daerah; Penampilan Fashion Culture; Festival Sambal Nusantara; Atraksi K9 Badan Narkotika Nasional (BNN); juga ceramah yang mengundang Ustaz Hanan Attaki bertajuk Cinta, Etika, dan Ekonomi Halal: Menginspirasi Bisnis yang Berkah.

Dalam event Indonesia Maju Forum dan Bisnis 2024 kali ini, Dekranasda Kota Semarang tampil dengan mengisi booth produk unggulan Kota Semarang ungkap Kepala Sub Koordinator Bina Usaha Bagian Perekonomian dan Sumberdaya Alam Sekretariat Daerah Kota Semarang Taufan Yuristian Dalimarta, di JCC Jakarta, Jum’at (5/7/24).

Kota Semarang adalah Kota UMKM, faktanya memang benar benar seperti itu. Kota Semarang sangat terbantu perkembangan UMKM itu terutama yang beroperasi di plafon digital mulai dari yang tadinya berjumlah hanya 6.000 ketika covid naik menjadi 70.000 pelaku UMKM khususnya yang ada di platform digital. Dan mereka inilah yang sebetulnya secara riel karena di sektor riel kemudian menyelamatkan kota Semarang, ujar Taufan.

Merekalah yang kemudian secara riel menyelamatkan perekonomian ketika PHK tinggi. Ketika banyak karyawan banting setir menjadi pengusaha UMKM yang tadinya hanya untuk menyambung hidup akhirnya malah menjadi besar.
Banyak entrepreneur entrepreneur yang sekarang yang sebenarnya adalah entrepreneur lokal, kata Taufan.

Saya cukup surprise tambah Taufan, ketika transaksi harian di pameran ini luar biasa. Kalau buat saya apresiasi itu sudah mulai tumbuh. Saya tidak pernah membayangkan bahwa satu hari booth ini punya income lebih dari satu juta tapi ternyata itu terjadi. Bahwa average rata ratanya dalam satu hari produk yang terjual nilainya diatas satu juta bahkan menyentuh 2 juta. Itu cukup menggembirakan tapi sekali lagi bahwa upaya itu harus terus kontinyu tidak boleh berhenti begitu saja, pungkasnya.(LW).

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *