DPP Kerukunan Keluarga Kawanua Gelar acara Bakudapa Caleg Kawanua dan Deklarasi Pemilu Damai 2024

RMnews, Jakarta, — DPP Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) menggelar acara istimewa bertajuk Bakudapa Caleg Kawanua dan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Geduang Joang ’45, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan yang diikuti antara lain oleh Ketua Umum KKK atau K3 Angelica Tengker, Ketua Dewan Pembina Irjen Pol (Purn) Dr Ronny Sompie, S.H.,M.H., dan jajaran panitia juga pengurus serta sejumlah caleg (calon legislatif) kawanua, menghadirkan narasumber pakar hukum dan politisi yang pernah menjabat Hakim Agung Mahkamah Agung, Prof. Dr. Gayus Lumbuun, dan politisi senior Markus Wauran.

Pada sambutannya, Angelica Tengker mengucapkan selamat datang dan terimakasihnya kepada narasumber dan peserta deklarasi juga sesepuh kawanua yang telah berkenan hadir untuk sama-sama menjawab kerinduan keterwakilan Tou Kawanua di Parlemen serta mewujudkan pemilu damai di gedung yang memiliki sejarah pada kemerdekaan RI.

“Puji syukur hari ini bisa terlaksana kegiatan yang penting dan bersejarah meski dilakukan dengan sederhana di tempat yang punya jejak sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia. Disini terdapat benih-benih perjuangan di mana para pemuda dididik dan dipersiapkan. Hal tersebut sama, disini sekarang ada para caleg yang sedang dipersiapkan dari berbagai latar belakang partai politik. Meski sudah ada yang berpengalaman, tetapi tentunya di setiap babak baru, ini menjadi suatu tantangan tersendiri,” ucap Angelica Tengker.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh panitia dari bidang politik dan demokrasi DPP KKK ini, Angelica Tengker berharap, tou Kawanua yang nantinya berada di parlemen untuk membawa dampak yang besar bagi kebaikan dan kemajuan NKRI.

“Kerukunan Keluarga Kawanua sebagai torang pe wale wangko (Rumah Besar Bersama) merasa terpanggil untuk mengadakan kegiatan ini. Sebenarnya apa sih harapannya? harapannya tidak lebih tidak bukan, bagaimana torang kawanua lebih banyak dan lebih besar lagi punya pengaruh dan berdampak sesuai tupoksinya di parlemen pada kebijakan-kebijakan untuk kemajuan NKRI dari mulai kota kabupaten, provinsi hingga ke pusat, untuk memanusiakan orang lain, menyejahterakan masyarakat dan kebaikan bangsa dan negara Indonesia.” harapnya.

Angelica Tengker pun tegas berpesan di kegiatan bakudapa dan deklarasi damai pemilu 2024 ini, para caleg yang nantinya mendapat amanah dan kepercayaan jadi wakil rakyat untuk tidak membisu di parlemen.

“Jangan wowo (jarang bersuara atau membisu. red.) kalau so ada di parlemen. Tapi berbicara, berperilaku, berpenampilan yang terhormat. Jangan juga nda wowo (tidak membisu), tapi bicaranya nda sesuai,” pesannya.

“Kita semua sangat Bangga dengan adanya Tokoh-tokoh asal Sulawesi Utara salasatu Putra terbaik adalah Dr . Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi, atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi, Dia seorang politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawesi Utara, Indonesia. Ia adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang pernah ambil bagian di awal Kemerdekaan Republik Indonesia, Sam Ratulangi juga sering disebut sebagai tokoh multidimensional. Ia dikenal dengan filsafatnya: “Si tou timou tumou tou” yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia. Sam Ratulangi adalah juga termasuk anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menghasilkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia dan merupakan Gubernur Sulawesi pertama.”papar Angelica.

Adapun di Kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pembina KKK, Ronny Sompie, mengapresiasi gelaran yang diselenggarakan oleh DPP KKK ini.

“Kami apresiasi kepada DPP KKK bidang politik yang telah menyiapkan acara ini sedemikian rupa, dan memilih tempat di Gedung Joang 45. Filosofinya sangat tinggi untuk suatu kegiatan yang strategis bagi penguatan para calon legislatif dari semua partai politik. Jadi saya juga menjadi bagian yang perlu untuk menghadiri acara ini, untuk menimba ilmu dan pengalaman dari para senior kita,” ucapnya.

“Oleh karena itu kami juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada senior-senior kita yang berkenan menjadi narasumber. Tokoh luar biasa yang punya pengalaman politik. Terutama bagi saya yang baru dari birokrat lalu ke dunia politik, harus banyak belajar menambah wawasan,” kata Ronny Sompie pada sambutannya. (Yun/Tape)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *