Gelar Halal Bihal di Masjid Assalaamatul Waqfiyah, Ini Pesan KH Auzai Anwari Mahfudz

Rakyatmerdekanews.com, KOTA TANGERANG – Masjid Assalaamatul Waqfiyah, Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, menggelar halal bihalal dan silaturahmi, Sabtu (20/4/2024).

Halal bihalal yang digelar usai sholat Subuh berjamaah masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh KH Auzai Anwari Mahfudz, LC.MA.

KH Auzai menyampaikan halal bihalal menjadi momentum ajang mempererat silaturrahmi dan saling maaf memaafkan.
Halal bihalal memang merupakan tradisi tanah air dan tidak ditemukan di negara Arab maupun negara lain.

“Halal bihal ini cuma budaya Indonesia doang. Saya pernah tinggal di negara Arab dan negara lainnya selama sepuluh tahun lebih, ya tapi gak ada budaya halal bihal,” ujar KH Auzai saat diwawancara awak media.

Menurutnya, halal bihal sangat bagus dari dua sisi. Pertama saling bermaaf- maafan satu sama lain. Kedua menyambung kembali tali silaturahmi sehingga terjalin hubungan yang baik.

“Halal bihal juga membangun jiwa persatuan antara agama kaum muslimin. Itulah salah satu hikmah halal bihalal seperti yang tengah kita lakukan saat ini,” ucap KH Auzai.

Untuk itu, ia berharap agar budaya halal bihal perlu untuk terus dilestarikan agar tidak lekang oleh waktu.

“Titik point yang penting adalah anak-anak muda atau generasi setelah generasi yang sepuh. Jadi, jangan bermalas-malasan untuk ikut menghadiri halal bihal dilokasi masing-masing,” katanya.

“Ini dilakukan untuk membangun dan menjalin, sekaligus menyambung silaturahmi. Kata orang betawi bilang jangan sampai putus obor,” lanjut KH Auzai.

Bahkan KH Auzai menyampaikan, bahwa momentum halal bihalal tidak hanya di masjid, tetapi bisa dilakukan ditempat- tempat perkumpulan.

“Halal bihal bisa dimana saja seperti di organisasi, keluarga, perusahan, dan intansi-intansi lainnya. Kalau halal bihalal selalu diadakan supaya terus terbina persaudaraan,” imbuhnya.

Ketua DKM Masjid Assalaamatul Waqfiyah, Alex Saadon mengucapkan alhamdulillah acara halal bihal dengan waktu sangat singkat setelah sholat subuh bisa terlaksana.

“Kami mendoakan kepada bapak-bapak yang sudah memberikan bantuan bukan hanya kegiatan hari ini, tetapi juga turut membantu rutinitas pengajian tiap bulan, agar mendapatkan pahala dari Allah SWT sesuai apa yang telah diberikan,” tuturnya.

Dikesempatan sama, perwakilan panitia, Ustadz, H Ahmad Sopian, saat ditemui usai acara mengaku halal bihalal ini juga sebagai tanda diawalinya kembali kegiatan rutin pengajian bulanan di Masjid Assalaamatul Waqfiyah.

“Tujuan halal bihalal ini sebagai ajang mempererat silaturrahmi para jemaah dan tokoh agama untuk saling maaf memaafkan secara lahiriah maupun batiniah,” jelasnya.

Acara halal bihal juga dihadiri oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat hingga ketua musholla daerah sekitar. Kemudian diakhiri dengan saling salaman dan makan bersama.

(Efendizes).

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *