Gelar Sholat Istisqo, SMPN 21 Tangsel Jadikan Kemarau Panjang Sebagai Pembelajaran

Rakyatmerdekanews.com – Tangsel – SMPN 21 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar sholat istisqo yang diikuti para murid dari kelas 7, 8, dan 9, bertempat halaman sekolah tersebut, pada Jumat, (20/10/23).

Dilakukannya sholat istisqo tujuannya ialah, yang pertama meminta kepada Allah S.W.T, agar diturunkannya hujan, dan semoga musim kemarau panjang ini segera berlalu dengan berganti musim hujan,,” ujar Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 21 Kota Tangsel H. R Lukman Firdaus usai ia mengikuti sholat istisqo.

Lanjutnya lagi, memang kemarin sempat turun hujan, namun hanya sekali atau dua kali saja kalau saya tidak salah, kemungkinan itupun hujan buatan.

“Dimusim kemarau berkepanjangan saat ini, kita melihat dibeberapa tempat, tidak sedikit yang sudah mengalami kesulitan utamanya air, dengan demikian melalui sholat istisqo, kita bersama para siswa-siswi memohon, meminta dan berdoa kepada Allah S.W.T supaya kesulitan tersebut berakhir dengan didatangkannya hujan.

“Kemudian yang kedua, ini juga bisa dijadikan pembelajaran kepada semua anak-anak, tata cara sholat istisqo dengan mempraktekkan langsung. Untuk kelas 8 sendiri, umumnya memang diajarkan tentang bagaimana sholat istisqo,” ucap Lukman.

Disamping itu Lukman menjelaskan, bahwa kami merasa beruntung karena setiap tahunnya ada 5 orang mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) yang dikirim bergantian untuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) guna membimbing anak-anak disekolah.

“Terkait mahasiswa PTIQ yang PPL itukan 3 bulan, berhubung mereka mahasiswa tingkat akhir, seperti bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu, kami tetap minta bimbingannya di SMPN 21 Tangsel, Karena menghadapi bulan Ramadhan, kita memerlukan guru-guru yang exspert dibidang keagamaan dan menarik buat anak-anak.

“Nah mengenai sholat istisqo ini, bersama teman-teman mahasiswa tersebut kita ingin melakukan praktek langsung di lapangan,” terang Lukman.

Masih kata Lukman, khusus anak kelas 7 yang beragama muslim, di pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 21 Tangsel kami punya yang namanya program pembaratasan buta huruf Al-Qur’an yang sudah lama berjalan. Jadi, pas pertama masuk pelajaran PAI itu, diadakan matrikulasi baca Al-Qur’an,” tuturnya.

Lukman menambahkan, adapun keinginan saya kepada anak-anak murid yaitu, melaksanakan sholat tepat waktu setiap hari tanpa ada yang terlewat, kemudian memperbanyak menghafal surat dalam Al-Qur’an, sehingga kalau dia sholat surat yang dibaca tidak itu-itu saja.(Ag)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *