Hadirnya Kemensos Ditengah Masyarakat Aceh, Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Lansia

Rakyatmerdekanews.com, Aceh Utara — Layanan dokter spesialis orthopedi menjadi salah satu booth pelayanan kesehatan terpadu yang paling diminati pasien Lanjut Usia (Lansia) Kabupaten Aceh Utara saat puncak Hari Lanjut Usia Nasional Rabu (29/05/24), di halaman kantor Bupati Lhoksukon.

Menurut Jasmani (64), lansia dari Kecamatan Lhoksukon, ia memilih layanan dokter orthopedi dikarenakan sering merasa kebas di kaki dan susah bangun. Penerima bantuan tongkat kaki 3 ini menceritakan, ia didiagnosa dokter mengalami syaraf kejepit, sehingga disarankan untuk rajin kontrol.

“Kata dokter spesialis saya kena saraf terjepit. Kaki saya kebas, susah bangun. Disuruh sering kontrol, boleh ke sawah, asal itu, rajin kontrol,”, ujar lansia asal kecamatan Lhoksukon yang sehari-hari masih aktif berkerja sebagai petani.

Di sisi lain, Anastasya Pranoto, Dokter Spesialis Orthopedi pada kegiatan ini memaparkan dalam kurun waktu 2 jam, sudah 50 pasien yang ia tangani. Rata-rata, keluhan yang ditemukan berupa pengapuran tulang sendi, sehingga pasien merasakan nyeri di sendi lutut, dan tulang belakang, jelas dokter yang saat ini praktik di RSU Cut Meutia Aceh Utara.

“Ada 50 lebih. Rata-rata keluhannya penyakit lansia, pengapuran tulang sendi, sendi lutut, dan tulang belakang. Sementara saya resepkan obat dan berikan terapi ringan. Namun, jika dilihat kondisinya parah, saya rujuk ke puskesmas”, ungkap Anastasya.

Selain bercerita tentang hasil konsultasi pasien, ia juga mengapresiasi kehadiran kegiatan ini. Pelayanan kesehatan terpadu yang lengkap sangat dibutuhkan mengingat pentingnya pemeriksaan rutin kesehatan bagi lansia.

Selain orthopedi, puncak HLUN 2024 juga menghadirkan layanan kesehatan lainnya, yaitu: layanan dokter spesialis THT, layanan dokter spesialis saraf, layanan dokter penyakit dalam, fisioterapi, apotik, kesehatan dasar, dan donor darah, (Fahri)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *