Jelang Dilaunching, ETLE Drone Diuji Cobakan di Purworejo

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo, –Menjelang diberlakukanya penegakkan hukum pelanggaran lalulintas menggunakan drone, Polda Jateng kini gencar melakukan sosialisasi dan memonitoring serta merefleksi kembali penggunaan ETLE Drone diwilayah jajaran polres di seluruh Jawa- Tengah. Termasuk didalamnya sosialisasi penegakan hukum di wilayah Kabupaten Purworejo yang dilaksanakan di simpang tiga kolam renang Artatirta, Selasa(12/12/2023).

Hal itu disampaikan oleh Kanit 6 Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng AKP Affandi yang didampingi oleh anggota Satlantas Polres Purworejo, yakni KBO lantas Iptu Muslim, Kanit Patwal Iptu Subandi, Kanit Gakkum Iptu Eko Roesdianto, Baur Gakkum Aiptu Bambang Haryanto dan sejumlah anggota lainya.

Dikatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dalam rangka me reeviw kegiatan serupa pada bulan September lalu.Polres Purworejo kini, kembali menjadi tempat sosialisasi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Drone

“Dari hasil uji coba, penggunaan ETLE Drone sebagai kamera penindakan pelanggaran lalu-lintas yang diterbangkan selama kurang lebih empat menit, diketahui ada sekitar 10 pelanggar mampu tercapture ETLE Drone. Mereka kedapatan melakukan pelangaran seperti berkendara tidak mengenakan helm dan tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara roda empat atau lebih,” terang Affandi kepada awak media.

Bagi kendaraan yang tercapture ETLE Drone, kata Affandi nanti akan di verifikasi dan validasi ke box office satlantas Polres Purworejo. Apabila sudah valid sesuai nopol kendaraan pelanggar pihak satlantas akan melakukan konfirmasi pemanggilan via surat pemanggilan. Selanjutnya para pelanggar akan mengkonfirmasi terkait pelanggaran yang mereka lakukan ke satlantas Polres Purworejo,” jelas Affandi.

“Banyak pelanggaran yang bisa terekam melalui kamera drone. ETLE Drone mampu mengcapture pada radius dua kilometer. Termasuk pelanggaran tidak mengenakan sabuk keselamatan pada kendaraan mobil bisa terekam jelas. Jarak kurang lebih 30 meter, kami zoom bisa sangat jelas sekali,” jelas Fandi

Berbeda dengan ETLE Statis, penggunaan ETLE Drone menurut Fandi sangat efektif digunakan karena bisa mobiling sesuai kondisi di lapangan.  “Meski masih menunggu dilounching oleh Dirlantas Polda Jateng yang sebentar lagi akan menjabat Wakapolda. Namun Polres Purworejo telah menunjuk operator dan mengikuti pelatihan di Ditlantas Polda Jateng, untuk dijadikan pilot drone saat pengoperasiannya.
Pelanggaran lalu-lintas yang bisa direkam oleh ETLE Drone adalah pelanggaran kasat mata. Akan tetapi ia berpesan agar masyarakat senantiasa selalu tertib berlalu-lintas,” pungkasnya. (Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *