Jelang Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024, Polresta Magelang Adakan Rakor Lintas Sektoral

Jelang Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024, Polresta Magelang Adakan Rakor Lintas Sektoral

Magelang — Dalam rangka menghadapi Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024, Polresta Magelang beserta Instansi terkait melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral. Rakor dilaksanakan di Semanggi Ballroom Hotel Artos Magelang, pada Jumat (13/10/2023) pagi.

Rakor ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kapolresta Magelang, KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.I.P. diwakili Sekda Kabupaten Magelang Drs. Adi Waryanto, Dandim 0705/Magelang Letkol Inf Jarot Susanto, S.H., M.Si. Juga hadir Ketua Pengadilan Negeri Kota Mungkid Darminto Hutasoit, S.H., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang A.O. Mangontan, S.H., M.H., diwakili Kasi Intel Zaenal Abidin, S.H., M.H. Serta hadir Ketua DPRD Kabupaten Magelang Saryan Adiyanto, S.H., yang diwakili oleh Wakil DPRD Kabupaten Magelang

Turut hadir juga para pejabat Pemerintah Kabupaten Magelang, yaitu Kepala Kesbangpol M. Taufik, Kepala Satpol PP dan PK Labaika Nugroho, S.STP, M.M., Kepala Dinas Perhubungan Imam Basori, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas Kesehatan dr. Sunaryo. Tampak turut serta Kepala BPBD Edi Wasono, Ketua KPU Afifudin, S.Ag, Ketua Bawaslu M. Habib Shaleh, S.Sos., serta ketua dari 18 Partai Politik se-Kabupaten Magelang.

Kapolresta Magelang KBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini mengambil tema, “Sinergi dan Kolaborasi Unsur Penyelenggara dan Pengamanan Guna Mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman di Wilayah Hukum Polresta Magelang”.

KBP Ruruh menjelaskan bahwa di Kabupaten Magelang ada sebanyak 4.205 TPS dari 358 desa.

“Dari seluruh TPS tersebut, masuk ke dalam kriteria kategori kurang rawan, maksudnya jarak TPS berdekatan, mudah dijangkau, tidak ada potensi konflik, dan sadar hukum serta masyarakat mendukung sepenuhnya dengan penyelenggaraan pemilu. Kekuatan personel Polresta Magelang sebanyak 940 orang dan akan diterapkan pola pengamanan 2-16-32 (2 Polri – 16 TPS – 32 Linmas),” jelasnya.

KBP Ruruh juga mengajak untuk bersama-sama saling menjaga, mengawal, dan mewujudkan terselenggaranya Pemilu yang aman dan damai. Yaitu melalui koordinasi dan kerjasama yang sinergis antar seluruh stakeholder di wilayah Kabupaten Magelang.

Dalam rangkaian acara tersebut turut memberikan sambutan Komandan Kodim 0705/Magelang, Bupati Magelang, Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, dan Kasat Intelkam Polresta Magelang.

Komandan Kodim 0705/Magelang menyampaikan telah menyiapkan personel sebanyak 690 orang, dan akan menjaga netralitas. Sehingga akan tercipta situasi Pemilu 2024 yang aman, sejuk, damai serta kondusif.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang saat membacakan sambutan Bupati Magelang juga turut menyampaikan apresiasinya kepada Kapolresta Magelang yang telah menginisiasi kegiatan Rakor tersebut.

“Saya mengajak kepada seluruh peserta Rapat Koordinasi untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi dini terhadap setiap potensi konflik yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” ucap Drs. Adi Waryanto.

Tidak hanya itu, dalam Rapat Koordinasi itu juga dilaksanakan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai oleh penyelenggara dan peserta Pemilu 2024 wilayah hukum Polresta Magelang. Acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai tanda kesatuan dalam memastikan kelancaran Pemilu 2024 di wilayah hukum Polresta Magelang. (Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *