Jelang Pemilu 2024, Warga Jalan Martimbang Raya, Kebayoran Baru Perkuat Siskamling

Istimewa

Rakyatmerdekanews.com JAKARTA — Menjelang pesta demokrasi pemilihan (Pemilu) 2024, Polda Metro Jaya meminta masyarakat untuk memperkuat sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Sehingga diharapkan petugas Siskamling bisa menjadi penyaring informasi yang baik di tahun politik ini. Permintaan itu disampaikan oleh Wakapolda Metro Jaya Brigen Suyudi Ario Seto.

“Yang tidak kalah penting adalah ketahanan masyarakat, bagaimana masyarakat mampu menerima beberapa informasi,” ujar Suyudi dalam keterangannya, Minggu (12/11).

Ajakan Polda Metro Jaya meminta masyarakat untuk memperkuat Siskamling mendapat respon positif dari warga, utamanya mayarakat Ibukota Jakarta.

Terbukti, warga di jalan Martimbang Raya, RT. 03/RW. 05 dan RT. 01/RW. 05, kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tampak antusias menerapkan sistim keamanan lingkungan di lingkungannya masing-masing. Yang mana, keamanan lingkungan di kawasan Martimbang Raya dimotori Muhamad atau pria yang akrab disapa Mamat. Selain menciptakan situasi yang aman dan kondusif, Mamat juga senantiasa menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Sedangkan Poskamling di lingkungan RT. 01/RW. 05 digerakan oleh ketua RT Ilham Fadhillah dan Joko selaku tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu Dimas Rudi, Ketua RW. 05 kelurahan Gunung, Kebayoran Baru mengatakan, dalam rangka menciptakan suasana sejuk di masyarakat ditengah suhu politik yang sudah mulai memanas terkait rangkaian Pemilu yang sudah berjalan, peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga kerukunan antar warga maupun kerukunan antar umat beragama guna menciptakan situasi aman kondusif sangat diperlukan.

Selain itu lanjut RW Dimas, masyarakat diharapkan turut mensukseskan Pemilu tahun 2024, sehingga tidak mudah percaya dengan berita hoax. Bijak dalam menyikapi perkembangan politik. Jangan jadikan perbedaan pandangan dan pilihan politik ditengah masyarakat dijadikan sumber perpecahan, ucapnya.

Sebelumnya, dalam upaya persiapan peningkatan pengamanan jelang Pemilu 2024, Polda Metro Jaya menggelar apel besar Pengamanan Swakarsa, Potmas (Potensi Masyarakat) dan Ormas di lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu (4/11) lalu. Memimpin Apel, Suyudi Ario Seto mengatakan, seluruh komponen harus sudah siap ketika rangkaian pemilu berjalan, sehingga segala potensi konflik bisa ditekan.

Pihak kepolisian mengajak warga hidupkan Siskamling untuk ciptakan Pemilu aman dan damai. Karena saat ini, masuk tahun politik 2024, sehingga setiap pos kamling diharapkan memainkan peranannya dalam menggelorakan semangat pemilu yang damai. Kita semua tetap satu keluarga, dan penting untuk menjaga kedamaian di antara warga. (Bambang/Ttn/Fachri)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *