Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Mengadakan Kompetisi Film Islami

"Sebuah Ikhtiar Membentuk Generasi Muda yang Memiliki Keteguhan Beragama dan Mengedepankan Toleransi"

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta – Rabu 22 Mei 2024, Kompetisi Film Islami Tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2024, kembali digelar dengan mengusung tema “Sebuah Ikhtiar Membentuk Generasi Muda yang Memiliki Keteguhan Beragama dan Mengedepankan Toleransi”. Tahun ini, kompetisi ini menghadirkan inovasi melalui penilaian film yang dilakukan secara hybrid, yaitu daring dan luring, memberikan kesempatan bagi lebih banyak peserta untuk ikut berpartisipasi.

Acara yang diadakan oleh Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Provinsi DKI Jakarta ini mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan. Salah satu pembicara utama dalam acara ini adalah Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Bapak H. Slamet Abadi, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya media film sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan kebajikan dan toleransi antar umat beragama.

“Kami melihat film sebagai alat yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan-pesan positif dan membangun kesadaran di masyarakat. Kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang kreativitas, tetapi juga medium untuk menyebarkan nilai-nilai moral dan etika yang luhur, serta memperkuat keteguhan beragama dan sikap toleransi di kalangan generasi muda,” ujar Bapak H. Slamet Abadi, M.Si.

Kompetisi ini dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk fiksi, dokumenter, dan animasi. Setiap film yang masuk akan dinilai oleh juri yang terdiri dari para profesional di bidang perfilman dan akademisi, dengan kriteria penilaian yang mencakup kualitas teknis, narasi, serta kesesuaian tema.

 

Para Peserta Kompetisi Film Islami

Proses penilaian hybrid memungkinkan para juri untuk menonton dan menilai film secara daring melalui platform yang telah disediakan, serta melakukan diskusi dan evaluasi secara langsung dalam sesi penilaian luring. Hal ini diharapkan dapat memberikan fleksibilitas dan keakuratan dalam proses penilaian.

Dewan Juri Kompetisi Film Islami

Dengan tema yang menekankan pada keteguhan beragama dan toleransi, Kompetisi Film Islami Tingkat Provinsi DKI Jakarta 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi para sineas muda untuk berkarya dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Acara ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga perayaan kreativitas dan semangat kolaborasi untuk menciptakan perubahan positif melalui media film. Mari bersama-sama kita dukung dan saksikan karya-karya inspiratif dari para sineas muda Jakarta, yang membawa pesan-pesan penting untuk masa depan yang lebih toleran dan harmonis. (Algi)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *