Kapolres Purworejo Lantik PKS dan Launching Tari Mardika Kawandasa Di SMPN 40

Rakyatmerdekanews.com, Purworejo – Sejumlah 30 siswa- siswi SMP N 40 dikukuhkan sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah(PKS) disekolahnya. Pegukuhan dilakukan langsung oleh Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo SIK MKP, Kamis(14/12/2023). Selain itu kapolres juga melaunching tari Mardika Kawandasa yang ditetapkan sebagai Ikon SMP N 40.

Hadir turut mendampingi kapolres, Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wasitdiono, Kepala SMP N 40 Purworejo Dwi Retno Untari SPd, MPd, Forkpmpincam Pituruh, Kades Kalikotes,Ketua PGRI, Pengawas Dinas Pendidikan, Pengurus MKKS SMP , Komite sekolah SMP N 40, kepala sekolah SD, SMP dan SMA , serta sejumlah undangan lainya.

Dalam sambutanya kapolres menjelskan bahwa PKS merupakan kegiatan positif dalam membina anak didik secara berkesinambungan untuk dapat menjadi pribadi yang unggul, disiplin, bekarakter dan berkualitas dapat berguna bagi nusa, bangsa dan negara. “Dengan adanya PKS ini,diharapkan dapat membantu tugas kepolisian dalam mewujudkan situasi aman dan tertib dilingkungan sekolah ,sehingga siswa merasa nyaman dalam mengkuti kegiatan belajar mengajar,”jelas Kapolres.

Lebih lanjut kapolres menyebut bahwa selain bepartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban, PKS juga bertugas membantu menciptakan kamseltibcar lantas dilingkungan sekolah. “Maka jadilah petugas PKS yang baik, cerdas, disiplin dan bertanggung jawab. Sehingga mampu berperan aktif dalam menciptakan Kamseltibcar lantas dan seantisa dapat menjadi suri tauladan dan panutan bagi siswa- siswi lain dilingkungan sekolah SMP N 40 Purworejo,” ucapnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para guru, karyawan dan komite sekolah yang telah mendidik dan memfasilitasi terbentuknya PKS di SMP N 40 Purworejo, sehingga mereka dapat mempunyai wadah untuk menyalurkan hal- hal positif. Sebab Di era globalisasi ini terkadang

jika mereka tidak diarahkan pada kegiatan yang positf akan dapat mebawa dampak negatif dilingkunganya,” ujar kapolres.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, para siswa dapat lebih kreatif, mandiri dan disiplin, sehingga mampu menunjang keberhasilan dalam meraih prestasi di sekolah. “Mari bersama- sama turut menjaga kamseltbcar lantas dan dapat menjadi pelopor keselamatan serta budayakan keselamatan sebagai kebutuhan,” tandas kapolres.

Pada kesempatan itu kepala SMP N 40 Dwi Retno Untari menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan PKS adalah mengatur lalulintas dilingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, menciptakan kamseltibcar lantas dan kamtibmas. Membantu sekolah dalam menegakkan kedisiplinan pelajar, membentuk pelajar yang ber akhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berpengetahuan luas, berdisiplin tinggi dan meminimalisir pelanggaran yang dilakukan dilingkungan sekolah,” kata kepsek.

Dikatakan pula bahwa kurikulum merdeka yang mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) mampu menghasilkan siswa yang mandiri, sehingga memperoleh ketrampilan yang dipelukan oleh pserta didik. Berpartisipasi aktif dalam merencanakan pembelajaran.Menghargai proses belajar mengajar dan bangga dengan pencapaian yang telah diupayakan,” ungkap kepsek.

Sementara itu Koordinator P5 Eko Winoto Adi SPd menyebut bahwa tari Mardika Kawandasa merupakan kreasi dari para siswa yang dibantu oleh anggota P5 sebagai pembimbing.

“Tari Mardika Kawandasa mengusung kolaborasi musik dari tari kudalimping, ndolalak dan cimpoling.

Cimpoling merupakan tari trasional masyarakat Pituruh. Dengan dilauchingnya tari Mardika Kawandasa, maka SMP N 40 kini telah memiliki Ikon. Setiap ada event tertentu kami akan menampilkan tari tersebut,” ungkkapnya.

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang turut menyaksikan acara tesebut menyampaikan selamat kepada SMPN 40. “Hari ini pengukuhan PKS dan launching tari merdika kawandasa, saya juga mengucapkan apresiasi yang besar karena ini bagian dari kurikulum merdeka. Sebagai pengembangan P5, yang nantinya akan membentuk karakter generasi yang jujur, berakhlak mulia, disiplin, tanggung jawab,”pungkasnya.(Kun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *