Kapolres Sergai Ikuti Lokakarya Kebebasan Pers Menyambut Pergelaran Politik Elektoral 2024

Rakyatmerdekanews.com – Sergai – Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta SIK melalui Kasi Humas Ipda Brimen, SH, MH, menjelaskan kegiatan Lokakarya dan Sarasehan mengenai Kebebasan Pers, Kebebasan Berekspresi, dan Penanganan Kekerasan terhadap Jurnalis untuk Anggota Polri di wilayah Polda Sumut. Bertempat di Hotel Cambridge, Selasa, 10/10/23

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H, S.I.K, M.Si, menyampaikan :

“Kami berterima kasih Kompolnas mengadakan acara Sarasehan kegiatan di wilayah Sumatera Utara. Ini satu bagian yang tidak dapat dipisahkan untuk melayani dan mengayomi masyarakat.”

Bagaimana cara menangani dunia maya atau media, dimana media ini menjadi satu sisi yang tidak dipisahkan tetapi kadang menyebalkan.

Kita melihat bahwa ini terus kita lakukan dengan kebeasan pers yang tidak bisa dipisahkan.

Yang paling penting bahwa kesadaran konteks kita dalam melindungi tugas pers dalam jurnalis dan pemberitaan.

Dr. Benny Jozua Mamoto, S.H., M.Si selaku Sekretaris Kompolnas menyampaikan:

“Acara ini saya rasa strategis dan tepat waktu, mengingat dalam beberapa bulan ke depan, kita akan segera menyambut pergelaran politik elektoral yang akan diselenggarakan 2024 nanti.”

“Berkaca pada Pilgub 2012, Pilpres 2014, Pilgub 2017 dan mulai terlihat lagi tahun 2018 menjelang Pilpres 2019, jurnalisme selalu menghadapi masalah-masalahnya sendiri. Polarisasi yang terjadi di masyarakat dalam praktiknya berdampak pada kekerasan terhadap jurnalis dalam melakukan kerja-kerja jurnalistiknya, maupun terhadap karya-karya jurnalistik itu sendiri.”

Sebagai lembaga yang memiliki fungsi pengawasan fungsional terhadap kinerja Polri untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri, Kompolnas mengapresiasi upaya Human Rights Working Group (HRWG) yang tergabung dalam Konsorsium Jurnalisme

Aman bersama Yayasan TIFA dan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) bekerja untuk mencari solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut, yang salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Lokakarya dan Sarasehan ini yang dimaksudkan untuk mendorong anggota Polri untuk dapat lebih memahami penanganan kasus kekerasan terhadap jurnalis,

Kebebasan pers dan kebebasan berekspresi dengan berlandaskan prinsip-prinsip hak asasi manusia. Di akhir kata sambutan ini, saya undang kita semua untuk bersama-sama memaksimalkan forum ini sebagai sarana pengembangan diri demi terwujudnya Indonesia yang demokratis dan Polri yang presisi.

Moderator menyampaikan : Tujuan kegiatan ini untuk memperkuat dan berkomitmen anggota Polri khususnya di Polda Sumut dalam kebebasan pers, berekspresi dan penanganan kekerasan terhadap Jurnalis untuk anggota Polri di wilayah Sumatera Utara.

“Bahwa Polri saat ini sedang melaksanakan Operasi Nusantara Cooling System, Operasi ini bertujuan untuk meminimalisir isu-isu provokatif berlatar belakang SARA, baik terjadi di tengah-tengah masyarakat maupun di ruang Siber,” pungkas Kapolres Sergai.

Kapolres Sergai AKBP Oxy Yudha Pratesta melalui Kasi Humas Ipda Brimen, SH, MH, juga menyampaikan himbauan agar rekan Pers dan warga masyarakat untuk aktif menjadi bagian Cooling System mengawasi lingkungan masing-masing mencegah terjadinya tindak pidana demi mewujudkan Kamtibmas aman dan kondusif.

“Apabila mengettahui ada terjadi tindak pidana, terkait peredaran dan penyalahgunaan narkoba, tindak kejahatan jalanan, begal, genk motor, pencurian, laka lantas, maupun tindak pidana lainnya, segera laporkan ke pihak kepolisian terdekat, atau dapat menghubungi call center Polres Sergai 110, dan WA layanan polisi Polres Sergai di nomor 0811-6124-110, agar dapat segera ditindaklanjuti,” imbaunya.

Kegiatan Lokakarya dan Sarasehan ini dihadiri oleh :

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, S.H, S.I.K, M.Si, Kapolda Sumut

Prof Dr. Albertus Wahyurudhanto, MSi, Anggota Kompolnas

Poengky Indarti, SH,LLM, Anggota Kompolnas

Musa Tampubolon, S.H., SIK., M.H. Kaset Kompolnas;

Djumiyanti Rahayu., Kassubag Administras

Daniel Awigra, SE, MSi Direktur Eksekutif HRWG beserta Tim

Para Narasumber:

Prof Dr. Iskandar Zulkarnain, M.Si, Guru Besar Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sumatra Utara

Kombes Pol Victor Togi Tambunan, SH, SIK Karo Ops Polda Sumut,

Christison Sondang Pane (Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, (Fahri)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *