Kebo Bule Kiai Slamet Jadi Cucuk Lampah Dalam Kirab Pusaka Keraton Solo

Foto: Ist

SOLO — Kebo bule Kiai Slamet akan berada di posisi terdepan sebagai cucuk lampah dalam kirab pusaka Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo) dalam gelar kirab malam 1 Suro, Minggu (7/7/2024) malam.

Menurut info dari salah seorang panitia kirab malam 1 Sura Keraton Solo, KP Edhy Wirabhumi, tahun lalu ada 7 pusaka yang dibawa saat kirab, mudah-mudahan tahun ini lebih dari tujuh.

Kirab dijadwalkan berlangsung pukul 24.00 WIB tepat, dan diharapkan pukul 03.00 WIB telah selesai. Jumlah kerbau yang akan ikut jalan sebanyak 11 ekor.

Foto: Ist

Melalui latihan kirab, nantinya akan diketahui apakah ada kerbau yang didrop atau tidak. Tidak semua kerbau bule milik keraton disertakan dalam kirab. Sebab beberapa di antaranya ada yang tidak akur dan berisiko berkelahi saat acara.

Hari pelaksanaan kirab adalah Minggu malam Senin, bersamaan dengan Pura Mangkunegaran, dan yang menbedakan hanya waktu. Kirab malam 1 Sura yang dilaksanakan Pura Mangkunegaran dilaksanakan sore, sedangkan Keraton Solo digelar malam.

Mengenai kemungkinan adanya tokoh, pejabat atau artis yang ikut kirab, dirinya belum dapat memastikan. Namun kemungkinan ada Wakil Menteri yang akan hadir dalam prosesi kirab. Kirab akan diikuti sekitar 1.300 abdi dalem, sentono dan abdi dalem lainnya sekitar 600 orang.

Foto: Ist

Sebelum kirab, terlebih dahulu dilaksanakan acara wilujengan pukul 21.00 WIB. Dalam kirab yang berjarak sekitar 8 kilometer, nantinya ada putera Raja Paku Buwono (PB) XIII. Sedangkan dari keluarga lainnya, seperti adik-adik Raja, dirinya belum dapat memastikan siapa yang akan ikut kirab karena rata-rata telah berumur. “Cucuk lampahnya nanti Kerbau Kiai Slamet, didampingi abdi dalem,” ucapnya.

Kebo bule Kiai Slamet merupakan salah satu pusaka Keraton Solo. Dalam dimensi spiritual, hal itu mengandung makna bahwa setiap manusia diharapkan mencari keselamatan lahir dan batin. Sedangkan dari dimensi ketatanegaraan, maka keberadaannya sebagai negara agraris. Simbolnya adalah kerbau sebagai sahabat petani. (Red)

 

 

 

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *