Kepala Desa Donorojo Pimpin Upacara Bendera HUT RI Ke-78

Rakyatmerdekanews.com – Magelang — Kepala Desa Donorojo H Samsul Hadi memimpin Upacara Bendera HUT RI Ke-78 di Lapangan Donorojo, Desa Donorojo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, Kamis (17/8/2023).

Inspektur upacara Samsul Hadi yang juga seorang purnawirawan TNI Angkatan Laut dan selaku komandan Upacara Serda Ngatijan Babinsa setempat begitu nampak Gagah dihadapan sekitar seribu peserta upacara.

Kades Samsul Hadi dalam amanatnya membacakan amanat Bupati Magelang Zaenal Arifin menuturkan bahwa, Tujuh puluh delapan tahun yang lalu, atas nama Bangsa Indonesia, Bapak Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta telah memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia melalui proses dan serangkaian perjuangan yang amat panjang dari seluruh elemen masyarakat dan bangsa Indonesia, melalui pengorbanan syuhada dan pejuang yang tak terhitung jumlahnya, melalui cucuran darah, keringat dan air mata yang tak terkira, melalui pengorbanan harta dan benda yang terhingga dan tentu atas berkat rahmat dari Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selaras dengan semangat kemerdekaan, peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, merupakan momen sakral dan bersejarah, yang wajib kita syukuri, sekaligus kita maknai sebagai momentum untuk lebih meningkatkan pengabdian dan dharma bhakti kita terhadap nusa, bangsa dan negara.

Lebih lanjut, melalui upacara yang penuh khidmat ini, marilah sejenak kita merenung, mengenang peristiwa yang terjadi tujuh puluh delapan tahun yang lalu, ketika bangsa kita memproklamirkan kemerdekaannya.

Proklamasi kemerdekaan adalah titik kulminasi perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah. Tidak banyak negara di dunia ini yang merdeka atas hasil perjuangan sendiri, bukan sekedar pemberian atau hadiah dari negara-negara penjajah atau imperalis.

” Tentu kita harus merasa bangga sebagai generasi penerus, yang hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini, yang mewarisi semangat kerja keras dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita luhur perjuangan bangsa Indonesia ” tegas Samsul Hadi.

Namun lebih dari itu, kebanggaan kita sebagai generasi penerus bangsa, harus diimplementasikan dalam wujud kerja keras dan semangat pantang menyerah untuk mengisi kemerdekaan, melalui serangkaian karya dan prestasi yang nyata, sebagaimana pesan Bung Karno : “Makin kita bertambah dewasa, makin besar, maka makin beratlah tugas-tugas dan tanggung jawab yang kita pikul di pundak”

Diakhir amanatnya Samsul Hadi berharap, semangat juang, jiwa pengorbanan dan ketangguhan serta rasa persatuan dan kesatuan para pahlawan  dan pendahulu bangsa, harus kita teladani dan terus kita pupuk serta kita gelorakan, sebagai kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan dan persoalan Bangsa, ” tutupnya.

Upacara yang baru kali pertama dilakukan dan dipimpin Inspektur upacara seorang purnawirawan TNI Angkatan Laut nampak mendapat astusia s para peserta, baik dari para guru, perangkat Desa, Babinsa, Babinkantibmas, tokoh masyarakat, Ibu-ibu PKK serta para siswa siswi SD/MI dan SMP di Desa Donorojo. (Red)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *