Kepsek SMAN 12 Tangsel Langsung Jelaskan Soal Foto Presiden RI Yang Tidak Terpasang

Rakyatmerdekanews.com – Tangsel – Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) hingga masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun 2023 di sekolah SMAN 12 Tangerang Selatan (Tangsel) telah berakhir dan menyisakan sorotan temuan dari masyarakat, seperti beredarnya video bingkai foto Presiden RI Jokowi yang tidak terpasang di tempatnya, hanya ada burung Garuda dan Wakil Presiden RI.

Sorotan itu disampaikan Rokhmat Hidayat, selaku Kepala Sekolah SMAN 12 sebagai gambaran dinamika PPDB yang dihadapinya, ketika menerima tim media di ruang kerjanya, pada Senin (7/8) siang.

Ia pun menjelaskan asal mulanya tidak ada foto Presiden RI Joko Widodo pada sisi sebelah kanan foto Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, yang terletak lebih rendah sedikit dari pada posisi lambang Burung Garuda.

“Pada saat itu ada pekerjaan perbaikan kabel listrik di loteng yang terletak persis di atas tempat terpasangnya foto Presiden RI. Karena ketidaksengajaan, tukang listrik menyenggol bingkai foto Presiden hingga terjatuh dan rusak. Jadi harus dicarikan bingkai foto yang baru lagi,” kata Rokhmat sambil mempersilahkan tim media menikmati suguhan makanan ringan yang tersedia.

Selanjutnya, Rokhmat menegaskan bahwa hal itu bukanlah suatu kesengajaan, namun karena adanya insiden kecil yang terjadi, yaitu terjatuhnya foto Presiden RI akibat tersenggol tukang kabel listrik. Dan belum terpasang kembali karena harus memesan bingkai foto yang sama persis dan perlu waktu beberapa hari untuk perbaikan listrik.

“Bukan kesengajaan ya, itu karena ada insiden kecil yang mana tukang kabel listrik menyenggol bingkai hingga terjatuh ke lantai. Dan memang perlu waktu untuk memesan bingkai yang sama persis seperti yang sebelumnya, selain perbaikan itu juga memang berlangsung beberapa hari. Sudah terpasang lagi foto Presiden RI setelah selesai pekerjaan perbaikan listrik,” tambah Rokhmat yang didampingi Ade selaku Wakasek/Humas.

Saat disinggung mengenai ada netizen yang menduga bahwa dirinya kepsek kadrun, dengan tenang Rokhmat pun menepis dugaan itu. Ia menjelaskan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), tentu dirinya tidak masuk dalam ranah politik praktis dan tetap netral.

Pria berkharisma yang menyandang serentetan gelar akademis sarjana S2 bidang pendidikan dan manajemen ini pun memberikan apresiasi kepada tim media, yang telah memberikan ruang hak jawab atas dugaan netizen terhadap dirinya, dan ikut memberikan informasi dan edukasi yang benar kepada masyarakat terkait sorotan adanya video viral tidak terpasangnya foto Presiden RI Joko Widodo di Sekolah SMAN 12 Tangerang Selatan.

“Saya mengapresiasi kawan-kawan media yang bekerja profesional sesuai kode etik jurnalistik, ikut memberikan informasi dan edukasi yang benar kepada masyarakat, khususnya terkait sorotan video yang beredar kemarin,” pungkasnya.

Diakhir pertemuan dengan tim media, Rokhmat yang menjabat Kepala Sekolah SMAN 12 sejak Januari 2023 ini pun berpesan, agar kemitraan dengan media bisa saling memberikan manfaat dan kontribusi positif, khususnya bagi lingkungan pendidikan di Tangsel. (Rat)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *