HAMKAM  

Kodam IV/Diponegoro Selalu Hadir Dan Siap Membantu Mengatasi Kesulitan Rakyat

Kodam IV/Diponegoro Selalu Hadir Dan Siap Membantu Mengatasi Kesulitan Rakyat

Grobogan – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi, R.Sos., memimpin peluncuran Program TNI AD Manunggal Air tahun 2024 dan karya bakti penanaman pohon, pembersihan pasar, serta pembersihan sungai wilayah Jateng, tepatnya di Dusun Harjowinangun, Desa Bandungharjo, Kec. Toroh, Kab. Grobogan. Kegiatan tersebut dilakukan secara virtual, terpusat dari Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara yang dibuka langsung oleh Kasad Jendral TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Selasa (6/2/2024).

Dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, terdapat 1.898 titik sumber air diresmikan pada program TNI AD Manunggal Air. Hal tersebut menunjukkan komitmen TNI AD dalam menyediakan akses air bersih untuk masyarakat dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Pangdam menyebutkan kegiatan tersebut merupakan program lanjutan unggulan Kasad yang sudah dimulai sejak tahun 2022. Wujud kepedulian TNI AD terhadap masyarakat yang mengalami permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan air bersih. Wilayah Kodam IV/Diponegoro telah melaksanakan pembangunan sumber air sebanyak 151 titik dengan rincian 65 pompa hidran, 81 sumur bor dan 5 pompa gravitasi.

Kemudian kegiatan karya bakti penghijauan dan pembersihan lingkungan yang dilaksanakan merupakan wujud dalam menjaga kelestarian alam guna mencegah terjadinya bencana banjir, tanah longsor dan merebaknya wabah penyakit dimusim penghujan. Terlebih wujud syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan YME.

“Kodam IV/Diponegoro telah menggelar kegiatan karya bakti secara serentak di 7 Kodim dengan melakukan penanaman pohon sebanyak 3.850 bibit, pembersihan aliran sungai dan pembersihan pasar bersama-sama dengan unsur Polri, Pemda dan masyarakat”, ucap Mayjen TNI Tandyo.

Kepada seluruh elemen masyarakat, Pangdam mengucapkan terimakasih dan apresiasi tinggi atas dukungan dan partisipasinya dalam menjaga kelestarian alam, sehingga mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih, hijau dan bebas dari segala wabah penyakit. Termasuk mengajak seluruhnya untuk peduli terhadap kelestarian alam yang dimulai dari lingkungan di sekitar tempat tinggal.

“Kodam IV/Diponegoro berkomitmen selalu hadir dan siap membantu mengatasi kesulitan rakyat. Mari kita bersama-sama mewujudkan lingkungan yang hijau guna mencegah kemungkinan terjadinya bencana alam”, tutupnya.

Disela-sela kegiatan, Pangdam juga memberikan bantuan kepada korban banjir di wilayah Grobogan, sebanyak 11 kecamatan yang terdampak banjir antara lain Godong, Panawangan, Tawangharjo, Purwodadi, Toroh, Karangrayung, Geyer, Kedungjati, Tegowanu, Tanggungharjo dan Gubug.

Turut hadir pada peresmian tersebut Danrem 073/MKT Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.I.P., para Asisten Kasdam, Kabalakdam dan Ketua Persit KCK PD IV/Diponegoro, serta Forkopimda Grobogan.
(Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *