KOPABB Berdiri Untuk Selamatkan Aset Bamus Betawi DKI Jakarta

Rakyatmerdekanews.com – Jakarta – Berawal dari kepedulian terhadap budaya betawi, berkumpullah para Ketua atau pengurus dari 41 organisasi atau komunitas masyarakat Betawi dan terbentuklah KOPABB yaitu Koalisi Ormas Penyelamatan Aset Bamus Betawi di bulan Agustus 2023 tepatnya pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun pada tanggal 17 Agustus 2023.

Semangat Kebersamaan & Kepedulian ini mendorong KOPABB lahir dan mengamanahkan kepemimpinan organisasi KOPABB kepada H. Bardata sebagai ketua dan Febi sebagai sekretaris, ujar rizki dari Siberani sambil mengenalkan awak media kepada kepada Bardata & Febi.

Febi & Bardata menyambut ramah awak media saat acara Ngobras alias ngobrol sambil ngopi santai di Betawi Store yang bertempat di kawasan Monas di Jl. Medan Merdeka Selatan RT.5/RW.2 Lenggang Jakarta MONAS, Gambir – Jakarta Pusat (Rabu, 23/08/23).

Febi membuka acara Ngobras KOPABB dengan doa bersama dan memperkenalkan kuasa hukum KOPABB yaitu Haryo Adiyatman Wicaksono SH. MKN. Alhamdulillah pada hari rabu sore ini kita bisa berkumpul kembali untuk menindaklanjuti langkah – langkah KOPABB ke depan, ujar febi dan mempersilakan Ketua KOPABB – H. Bardata untuk jadi pembicara pembuka pertemuan.

H. Bardata mengulas sejarah awal berdirinya Betawi Store sebagai salah satu aset Bamus Betawi yang harus kita bersama selamatkan bersama. Betawi Store diresmikan pada 23 Maret 2017 dan menunjuk Bamus Betawi untuk menjadi pengelolanya.

Waktu berjalan pada tahun 2017 sampai akhir tahun 2019 semuanya berjalan baik Betawi store menjadi salah satu tempat pusat oleh – oleh khas budaya Betawi DKI Jakarta mulai dari pernak pernik seni budaya, kuliner Betawi sampai menjadi tempat pusat informasi pariwisata dan ukm di DKI Jakarta.

Tapi datangnya pandemi covid 19 menjadi dampak sepinya kunjungan dan pembelian oleh – oleh di Betawi Store hingga tutup sampai awal 2023 dimana mulai berubahnya kebijakan pemerintah dari masa pandemi covid berubah jadi masa endemi dimana geliat semua aktivitas dan keramaian sudah mulai diperbolehkan.

Nach inilah yang menjadi salah satu pemicu awal kepedulian dimana Betawi Store sudah berubah pengelolaannya menjadi perorangan atas nama PT . Sudah tidak ada lagi pernak pernik oleh – oleh seni budaya khas budaya Betawi yang dijual di BETAWI STORE, ujar H. Bardata menutup pembicaraan dan menyerahkan kembali ke Febi sebagai moderator acara.

 

Febi mengatakan hari ini menjadi bukti bahwa Betawi Store perlu kita segera selamatkan. Ya saat ini saja Betawi Store tutup dan digembok padahal kita semua paham dan Bamus Betawi sudah diberitahukan serta diundang dalam acara Ngobras hari dan akan memakai ruangan dalam Betawi Store, tapi nyatanya sekarang dikunci dan tidak diketahui siapa yang memegang kuncinya. Febi pun mempersilakan kuasa Hukum KOPABB – Haryo Adiyatman Wicaksono SH. MKN untuk mengomentari permasalahan penyelamat Betawi store sebagai salah satu aset Bamus Betawi DKI Jakarta.

 

Haryo pun meminta kepada ketua – ketua Ormas yang hadir dan telah menjadi pengurus maupun anggota KOPABB untuk dapat memberikan berkas – berkas tertulis dan bukti – bukti otentik untuk bisa saya pelajari dan segera memberikan solusi langkah – langkah apa saja nantinya yang dapat kita lakukan bersama secara resmi dan mempunyai landasan hukum yang baik dan benar, tutup Haryo dan mengembalikan kembali kepada febi.

Febi pun meminta masukan dan saran kepada semuan pengurus dan anggota KOPABB yang telah hadir sambil mengumpulkan berkas yang diperlukan oleh kuasa hukum KOPABB. Dan setelah berkas terkumpul, febi dan para anggota KOPABB yang hadir sepakat memberikan pernyataan sikap bersama yaitu :

1. Meminta kepada semua pihak yang terlibat untuk mengembalikan pengelolaan Betawi Store kepada Bamus Betawi DKI Jakarta untuk difungsikan sebagaimana peruntukannya.

2. Meminta Kepada Pengurus Bamus Betawi DKI Jakarta untuk melibatkan Ormas pendukung Bamus Betawi dalam pengelolaan Betawi Store.

3. Kami – Koalisi Ormas Penyelamat Aset Bamus Betawi (KOPABB) akan terus berjuang menyelamatkan seluruh aset Bamus Betawi DKI Jakarta.

Setelah pernyataan sikap bersama KOPABB selesai, Ketua KOPABB – H. Bardata menyerahkan semua berkas yang dibutuhkan kepada kuasa hukum KOPABB yaitu Haryo Adiyatman Wicaksono SH. MKN untuk dapat dipelajari dan diberikan solusi langkah hukum yang baik dan benar sebagai take action KOPABB ke depan karena ini merupakan kepedulian kita bersama untuk menyelamatkan aset Bamus Betawi DKI Jakarta kepada seluruh masyarakat Jakarta dalam bentuk pertanggungjawaban bersama khususnya seni dan budaya serta pariwisata ekonomi kreatif yang ada dan melekat didalamnya. Acara di akhiri dengan foto bersama dan ramah tamah santai sambil makan malam bersama. (Ratna)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *