Koptu Marinir Tri Rachmat Hidayat Bangga Jadi Kontingen Garuda Indonesia

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta. Terpilih menjadi kontingen Garuda Indonesia merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang prajurit. Itulah yang dialami sosok Koptu Marinir Tri Rachmat Hidayat, dirinya mengaku bangga menjadi bagian Kontingen Garuda Indonesia yakni, Kontingen 23 Q yang kirim ke Libanon pada Maret 2023 lalu.

Menurut Koptu Marinir Tri, Kontingen Garuda Indonesia menjadi pasukan penting untuk memelihara perdamaian global. Bukan perkara mudah bagi seorang prajurit yang lolos menjadi kontingen Garuda, karena melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Kontribusi Kontingen Garuda dalam menjaga perdamaian global telah diakui dunia internasional. Hal itu terbukti melalui kiprah TNI sebagai pasukan perdamaian.

Perang yang terjadi berbagai belahan dunia menyebabkan Perserikatan Bangsa-Banga (PBB) menjalankan misi perdamaian dunia atau peacekeeping operations sejak awal dibentuknya lembaga tersebut, yakni pada tahun 1948. Dengan melibatkan berbagai negara untuk berkontribusi mengirimkan pasukan terbaiknya untuk melakukan misi tersebut.

Indonesia jadi salah satu negara yang turut mengirim pasukan pada misi perdamaian PBB itu. Keikutsertaan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga perdamaian dunia merupakan amanat dari para pendiri bangsa (founding fathers).

Mandat tersebut tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Tepatnya pada alinea IV yang berbunyi, ‘ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.”

TNI sebagai pasukan perdamaian dunia merupakan satu dari dua tugas pokok Pasukan Garuda. Di mana tugas utama TNI adalah menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman yang dapat memecah belah bangsa. Di samping itu, Kontingen Garuda juga berperan dalam membantu pemulihan bencana yang terjadi di dalam negeri. (Bambang/Titin)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *