Korlantas Pimpin TFG dan Latpraops Lilin 2023, Antisipasi Adanya Gangguan Kamseltibcarlantas Jelang Nataru

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta — Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan memimpin kegiatan “Tactical Floor Game” (TFG) kesiapan pengamanan Operasi Lilin 2023 menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024, di Aula UE Madellu NTMC Polri, pada Senin (18/12/2023). Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol Verdianto Iskandar turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Persiapan pengamanan natal dan tahun baru tahun ini kita sudah melakukan beberapa kegiatan survei, rapat koordinasi, kemudian sekarang TFG ini sebagai check-in terakhir sekaligus konsolidasi cara bertindak yang akan kita lakukan pada saat nanti pelaksanaan,” ujar Kakorlantas.

Brigjen Pol Aan suhanan menjelaskan terdapat titik-titik krusial yang terjadi pada pengamanan natal dan tahun baru 2024 baik di jalan tol maupun di rest area. Ia mengatakan yang menjadi konsennya mengenai Gate Tol yang ada di Cikampek utama, Cipularang, dan ke arah Cikupa, jalur arteri, serta jalur wisata, dimana sudah disiapkan untuk mengelola tempat-tempat trouble spot seperti pasar tumpah, titik-titik yang menjadi bottle neck di arteri yang sudah diantisipasi.

“Melihat animo masyarakat yang akan memanfaatkan libur Natal dan tahun baru ini akan mengunjungi tempat wisata ini kita antisipasi kita kelola kita sudah siapkan beberapa cara bertindak di jalur wisata bisa itu pengalihan arus ketika terjadi kepadatan, kemudian one way, sampai dengan contraflow itu sudah kita siapkan,” tegas Brigjen Pol Aan Suhanan.

Guna menghindari adanya penumpukan di pelabuhan, akan diterapkan juga beberapa rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan rencana kontigensinya secara keseluruhan baik kesiapan personel, materil dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder.

Dirinya mengimbau untuk seluruh masyarakat yang hendak melakukan perjalanan agar mengikuti arah-arahan jika melakukan perjalanan menggunakan kapal laut untuk membeli tiket secara online karena tiket tidak lagi di jual secara langsung.

Turut hadir dalam acara TFG, Direktur Utama PT. Jasa Raharja Rivan A Purwantono, Dirlantas Polda Lampung, Wadirlantas Polda Banten, Wadirlantas Polda Metro Jaya, Wadirlantas Polda Jabar, Wadirlantas Polda Jateng, Wadirlantas Polda Jatim, dan stakeholder lainnya.

Kegiatan berlanjut di hari kedua Selasa (19/12) dengan agenda Latihan Pra Operasi (Latpraops) Lilin 2023 yang diikuti personel dari Korlantas, Korps Brimob Polri, Korps Sabhara Baharkam Polri, Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Baharkam Polri, serta Detasemen khusus 88 Anti Teror (Densus 88 A/T).

Kakorlantas mengatakan tujuan latihan tersebut dalam rangka mempersiapkan seluruh personel, untuk meniadakan segala bentuk gangguan keamanan menjelang perayaan Nataru.

Para personel diharapkan dapat menjalankan tugas secara proaktif, profesional dan proporsional.

“Diharapkan dengan pelatihan yang kita laksanakan ini seluruh anggota satgas betul-betul bisa mengetahui apa yang harus dilakukan pada saat pelaksanaan operasi baik regu taktis maupun teknis,” ucap Brigjen Pol Aan Suhanan.

Ia menuturkan operasi Lilin merupakan salah satu operasi kepolisian yang dilakukan setiap tahunnya.

Konsentrasi dari operasi ini adalah pengamanan di titik-titik yang rawan seperti tempat ibadah, tempat wisata, pusat pemberlanjaan dan pendistribusian. Termasuk tempat-tempat yang terdeteksi memicu rawan serangan kriminalitas maupun radikalisme.

“Operasi lilin ini memang tiap tahun kita laksanakan, tiap tahun kita melaksanakan operasi kepolisian. Jadi ini sering saya sampaikan supaya kita jangan lengah, walau setiap tahun kita laksanakan jangan lengah, jangan jumawa,” tegas Brigjen Pol Aan Suhanan.

Tata cara bertindak adalah melaksanakan kegiatan intelijen dengan cara mendeteksi gangguan Kamseltibcarlantas menjelang Nataru.

Kemudian, mensterilisasi tempat ibadah agar terhindar dari gangguan, serta melakukan patroli pada tempat keramaian yang dianggap rawan.

“Pada setiap tahun, ancaman yang kita hadapi ini selalu berubah sesuai dinamika yang ada seperti tahun ini berbeda dengan tahun lalu seperti beberapa kejadian di lingkaran internasional ada Israel dan Gaza (Palestina) sebelumnya Rusia-Ukraina. Itu berdampak dengan logistik domestik nasional,” ujar dia.

“Tahun ini juga ada kampanye, ada pemilu itu serangkaian kegiatan yang kita laksanakan dan berbeda dengan tahun lalu,” pungkasnya.

Kegiatan Latpraops ini dihadiri oleh Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Hary Sudwijanto, Karobinops Sops Polri Brigjen Pol Auliansyah Lubis , Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, serta perwakilan satker lainnya, (Fachri)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *