KPU Jakut Simulasi pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 Dan Perkenalkan Aplikasi Sirekap

RMNews.com, Jakarta Utara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Utara, gelar kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap dalam Pemilu 2024 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Turut hadir Kapala Kesbangpol Jakarta Utara, Camat Pademangan, Kapolsek Pademangan dan perwakilan dari Danramil Penjaringan dan tokoh masyarakat.

Para peserta simulasi adalah seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara Kelurahan (PPS) se Jakarta Utara.

Menurut keterangannya Abdul Bahder Maloko Ketua KPU Kota Jakarta Utara menjelaskan, simulasi ini adalah pembekalan terhadap badan penyelanggara pemilu ad hoc, PPK, PPS dan KPPS nanti.

“Untuk KPPS sedang dalam pembentukan, nah simulasi ini memberikan pelajaran, pembekalan terhadap PPK dan PPS yang kemudian nanti disampaikan kepada KPPS tentang pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Aplikasi Sirekap,” terang Bahder, Selasa (19/12/2024).pagi

Dan Peserta Simulasi dari PPK dan PPS se Jakarta Utara mengenakan Baju Adat Daerah
Peserta Simulasi dari PPK dan PPS se Jakarta Utara mengenakan Baju Adat Daerah
Dalam pelaksanaan simulasi terlihat peserta begitu bersemangat. Dan ada hal yang menarik, para peserta simulasi mengenakan baju adat daerah sebagai tanda mengusung kearifan lokal.

Dipraktekan di simulasi kejadian dan peristiwa yang kemungkinan akan terjadi saat pencoblosan nanti.

“Praktek simulasi terkait kejadian atau peristiwa ini penting, agar para penyelenggara pemilu ad hoc dapat mengantisipasi kejadian pada saat hari pencoblosan nanti,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini Abdul Bahder, juga berharap dengan simulasi penggunaan Aplikasi Sirekap yang akan digunakan pada Pemilu 2024 maka tindak lanjut penyampaian teknis PPK dan PPS ke KPPS harus lebih matang dan detail.

“Dengan aplikasi Sirekap petugas TPS dapat melaksankan 3 hal yaitu, pemungutan berjalan dengan baik, menghitung dengan baik dan menggunakan aplikasi dengan baik dan benar,”

Simulasi saat Pelaksanaan Pencoblosan di TPS
Pada akhirnya dengan penggunaan Aplikasi Sirekap diharapkan penghitungan suara pada tingkat TPS dapat berjalan lebih cepat” tuturnya Abdul Bahder.  (CS)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *