Lagi, Yayasan YPPT, YPPTSI dan KADIIFA Kembali Unjuk Gigi di TIM Cikini

Rakyatmerdekanews.com, Jakarta – Yayasan Putra Putri Tenun & Songket Indonesia (YPPTSI) dan Komunitas Indonesia International Fashion Art & UKM (KADIIFA) kembali menggelar ajang Pemilihan Putra Putri Tenun & Songket Indonesia 2023 di Theater Besar Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Senin, 18 Desember 2023, malam.

Ajang Putra Putri Tenun & Songket Indonesia (PPTSI) sendiri merupakan sebuah ajang yang bertujuan untuk menyeleksi duta yang bertugas untuk menjaga, melestarikan, serta mempromosikan Kain Tenun dan Songket di kalangan generasi muda Indonesia, yang tahun ini diselenggarakan sejak tanggal 15 Desember 2023 hingga 18 Desember 2023 (Grand Final).

Acara malam grand final merupakan acara puncak yang sekaligus pengumuman pemenang Putra-Putri Tenun & Songket 2023.

“Semua yang sudah ditampilkan dari perwakilan daerah masing-masing dari 38 Propinsi yang telah mengikuti pra karantina maupun juga saat ini langsung malam grand final semoga dari mereka akan lahir putra dan putri tenun & songket Indonesia 2023 yang membawa amanah yang juga menjadi duta dan harapan bangsa yang bisa melanjutkan dan meneruskan pada generasi muda, ” kata Prof. Dr. Hj. Anna Mariana, S.H., M.H., M.B.A kepada awak media pada acara Press Conference “Grand Final PPTSI 2023” di TIM, Jakarta, Senin (18/12/2023).

Menurut Anna, saat ini dan kedepan Putra Putri Tenun & Songket Indonesia 2023 diyakini mampu menularkan ilmu-ilmu apa yang mereka sudah dapat tentang penguatan khususnya di budaya kepada generasi muda.

“Kita memberikan pembekalan materi tentang budaya secara luas dan umum sehingga kita harapkan lahir generasi muda cintai budayanya, peduli dan bangga pada budayanya. Kita mendukung program pemerintah yang bangga menggunakan produk Indonesia yang antara lain kita kuatkan dari generasi muda khususnya yang lahir dari putra putri tenun & songket ini adalah mereka yang kita harapkan dapat terus menularkan kepada penerus-penerusnya generasi muda yang akan datang,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan dari Lembaga Kebudayaan Betawi, Imron Hasbulloh sangat terbantu dengan adanya ajang Putra Putri Tenun & Songket yang sudah

“Kami pelaku budaya sangat butuh sekali event-event seperti ini bukan hanya kecantikannya tapi juga pride visi misi kedepan untuk membangun industri-industri produk-produk heritage kebudayaan yang kita punya,” ucapnya.

Selain itu, sebut Imron pihaknya sangat mendukung setiap rangkaian acara yang melibatkan peran pemerintah pusat maupun daerah.

“Karena dengan adanya event ini akhirnya anak muda bisa berpartisipasi dan juga bersama-sama berkolaborasi untuk membuat industri ini lebih maju kedepannya event ini bisa menjadi lebih baik lagi dan lebih besar lagi,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Rully Rahadian dari Kesultanan Cirebon mengingatkan para pelaku industri mampu mengembangkan produk tenun & songket melalui platform digital.

“Kita saat ini sudah masuk ke era digital dimana kedepannya produk tenun & songket dihasilkan melalui teknologi digital baik dari segi produksi dan pemasarannya,” tukas Wakil Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN) ini menerangkan.

Melalui Ajang Pemilihan Putra-Putri Tenun dan Songket Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh KADIIFA, Yayasan Putra Putri Tenun Songket Indonesia (YPPTSI), dan Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara (CBKN) ini, Anna Mariana berharap para finalis bisa terus memberikan sharing ilmu juga semangat tentang kecintaan pada budaya daerahnya masing-masing.

“Selain itu mereka juga harus bangga menggunakan produk lokal dan produk kearifan lokal dari daerahnya masing-masing,” pungkasnya.(LW).

 

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *