Launching Wisata Terabas Sinarjaya Tourism : Wujud Karya Nyata Bakti Pemuda Nusantara Desa Sinarjaya 2024

Rakyatmerdekanews.com, Lebak – Desa Sinarjaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menjadi salah satu lokasi desa pengabdian peserta Bakti Pemuda Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dengan komposisi sepuluh pemuda/i terbaik bangsa yaitu M. Rahmat (Kalimantan Selatan), Annisa Dini (Yogyakarta), AhmadS uhaemi (Jawa Barat), Wulan Zhulfirah (Sulawesi Tengah), Fauzi Salsabila (Papua Barat Daya), Krishna Ramadhan (Jawa Tengah), Adha Nur (Bangka Belitung), M. Ihza (Bengkulu), Salma Khairunnisa (Jawa Barat), dan M. Yazid (Jawa Barat).

Sepuluh pemuda/i tersebut bertugas selama dua puluh hari dimulai pada tanggal 21 Mei 2024 – 10 Juni 2024 di Desa Sinarjaya dengan membawa misi untuk belajar dan berbagi ilmu yang telah dipelajari dari daerah asal dan juga pada masa pelatihan di Jakarta selama tiga hari seputar multiaspek dan mitigasinya serta pelatihan di Bogor bersama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia seputar pembentukan karakter dan bela negara yang kemudian direalisasikan dalam pengabdian di Desa Sinarjaya.

Pada masa awal pengabdian, tim Desa Sinarjaya mulai memetakan problematika yang
sedang dihadapi masyarakat Desa Sinarjaya melalui observasi langsung dan audiensi bersama perangkat desa dan masyarakat setempat. Hal tersebut menghasilkan pemetaan permasalahan
dan juga alternatif solusi untuk mengatasi problematika dengan melihat potensi desa salah
satunya permasalahan ekonomi yaitu minimnya lapangan kerja serta adanya potensi
lingkungan di bidang pariwisata sehingga muncul inovasi di bidang pariwisata yaitu “Terabas Sinjaya Tourism” dengan memanfaatkan wilayah Desa Sinarjaya untuk jelajah alam dan edukasi sejarah seputar Desa Sinarjaya serta pengalaman langsung wisatawan dalam produksi gula aren sembari menikmati keindahan alam dan kearifan lokal.

Terabas Sinjaya Tourism akan launching pada hari Jum’at, 7 Juni 2024 dipertengahan track wisata yaitu pada jalan persimpangan Baduy. Wisata tersebut menyasar pada mahasiswa serta wisatawan luar daerah Banten dengan harapan dapat membuka lapangan kerja untuk mendukung Sustainable Development Goals 2030 Indonesia.

“Saya sangat mendukung adanya pariwisata di Sinarjaya juga dengan Terabas Sinarjaya Tourism yang akan dilaunchingkan dengan harapannya dapat dipromosikan juga sehingga Sinarjayamenjadi ramai dan dapat berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat Sinarjaya” Kata Rahmat, selaku Sekretaris Desa Sinarjaya. (Red)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *