Momentum Natal, 120 WBP Nasrani di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Terima Remisi Khusus

RMnews, Tangerang. Natal merupakan hari raya yang penting bagi umat Kristiani di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Momentum Natal biasanya diisi dengan berbagai kebahagiaan dan berkumpul bersama keluarga. Namun, bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) hal tersebut tak dapat dilakukan karena mereka sedang menjalankan masa pidananya di dalam Lapas.

Di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang sendiri ada 120 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan Remisi Khusus Natal Tahun 2023, dimana 1 orang diantaranya langsung bebas setelah masa pidananya dikurangi Remisi.

Penyerahan surat Keputusan Remisi Khusus Natal Tahun 2023 diberikan langsung Kanwil Kemenkumham Banten di Gereja Maranatha Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang , Senin (25/12/2023).

“Saya ucapkan selamat atas remisi tahun ini bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Saya berpesan, tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan dimasa yang akan datang. Khusus bagi rekan-rekan Warga Binaan yang memperoleh kebebasan untuk kembali ke tengah masyarakat, keluarga, dan sanak saudara, saya ucapkan selamat merajut tali persaudaraan dan jadilah insan yang lebih baik dan hiduplah dalam tata nilai kemasyarakatan yang lebih baik. “Ujar Pujo Harinto dalam sambutannya selaku Direktur Pembimbingan Kemasyarakatan dan Upaya Keadilan Restoratif Pemasyarakatan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Lebih lanjut, penyerahan remisi juga diadakan pada siang hari bersamaan dengan Perayaan Natal 2023 di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Jalu Yusma Panjang selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Banten mengatakan bahwa pemberian remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan adalah salah satu indikator pelaksanaan pembinaan di dalam Lapas yang juga merupakan salah satu unsur pemenuhan hak bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang dilindungi dan ditetapkan oleh Undang-Undang.

“Remisi yang saudara dapatkan pada hari ini semoga menjadi pemicu untuk tetap bersikap dan berperilaku baik serta senantiasa menaati tata tertib Lapas/Rutan. Tidak hanya berhenti di situ saja, perubahan sikap dan perilaku menuju warga Negara yang baik dan taat hukum harus tetap Saudara cerminkan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara setelah saudara bebas dan kembali ke masyarakat nantinya, “Tutur Jalu Yuswa Panjang.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pujo Harianto selaku Direktur Pembimbingan Kemasyarakatan dan Upayan Keadilan Restoratif Pemasyarakatan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Akbar Amnur selaku Koordinator Administrasi Pengelolaan Barang Sitaan dan Barang Rampasan Negara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan Wahyu Indarto selaku Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Kanwil Kemenkumham Banten beserta jajaran dan Perwakilan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Banten.

Berikut Rekapitulasi Penerima Remisi Khusus Natal Tahun 2023 :

Isi Lapas (25 Desember 2023) Total 3.103 Orang, Narapidana berjumlah 2.038 Orang, dan Tahanan berjumlah 1.065 Orang. Jumlah WBP Nasrani Total 194 orang, yang diusulkan Remisi berjumlah 120 orang dengan keterangan RK I berjumlah 118 orang, RK II berjumlah 2 orang dengan ketentuan 1 orang langsung pulang dan 1 orang menjalankan subsider. Yang tidak diusulkan Remisi berjumlah 74 orang dengan keterangan Tahanan sebanyak 70 orang, sedang menjalankan Subsider (Bills) sebanyak 1 orang dan Belum menjalankan 6 Bulan Masa Pidana berjumlah 3 orang.(Yuyun)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *