HAMKAM  

Pangdam IV/Diponegoro Menjadi Narasumber dalam Kegiatan Literasi “Demi Indonesia Cerdas Memilih”

Pangdam IV/Diponegoro Menjadi Narasumber dalam Kegiatan Literasi "Demi Indonesia Cerdas Memilih”


Semarang – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi R. S., Sos., menjadi narasumber pada kegiatan literasi bertajuk “Demi Indonesia Cerdas Memilih”. Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia dengan media detik.com dan digelar di Padma Hotel, Jl. Sultan Agung No.86, Wonotingal, Kec. Candisari. Senin (5/2/2024).

Dalam penyampaian materinya, Pangdam IV/Diponegoro membahas secara tentang ‘Peta Kerawanan dan Penegakan Demokrasi yang Sehat.’ Beliau menjelaskan pentingnya memahami dan mengenali potensi kerawanan yang dapat mengancam proses demokrasi di Indonesia.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Richard Harison, S.I.P. mengungkapkan bahwa wawasan dan pemahaman mendalam mengenai pentingnya literasi dalam konteks Pemilihan Umum 2024 adalah sesuatu hal yang sangat penting. Perlu adanya penegakan demokrasi yang sehat sebagai pondasi utama dalam mewujudkan pemilihan umum yang adil dan demokratis.

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya peran dalam proses demokrasi, masyarakat dapat ikut serta dalam menjaga integritas dan keberlanjutan proses demokrasi,” ungkap Kapendam.

Diharapkan, melalui literasi ini, pihak keamanan, lembaga pemilihan, dan masyarakat dapat meningkatkan sinergi dalam menjaga integritas proses demokrasi. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan kepada masyarakat agar lebih bijak dan kritis dalam menyikapi informasi seputar pemilihan umum.

“Kehadiran para tokoh penting di Jawa Tengah juga diharapkan dapat memberikan beragam perspektif dan informasi yang berguna bagi masyarakat dalam menyikapi Pemilu yang akan dating,” pungkas Kapendam.

Turut hadir sebagai pemateri dalam acara ini antara lain Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St. Mk., Kajati Prov. Jawa Tengah Dr. I Made Suarnawan, S.H., M.H., Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng Muhammad Aulia Asyyahidin, Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jateng Nur Kholiq, S.H., S.Th.I., M.Kn., Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Handi Tri Ujiono, dan Rektor Universitas Diponegoro (UNDIP) Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. (ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *