HAMKAM  

Pangdam IV/Diponegoro Tinjau Program Ketahanan Pangan dan Resmikan Jembatan Gantung Merah Putih di Brebes

Pangdam IV/Diponegoro Tinjau Program Ketahanan Pangan dan Resmikan Jembatan Gantung Merah Putih di Brebes

Semarang – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si., melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Brebes pada hari Selasa (28/5/2024). Dalam kunjungannya, Pangdam meninjau program ketahanan pangan, meninjau Pompanisasi dan meresmikan Jembatan Gantung Merah Putih di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes

Kunjungan Pangdam ini merupakan bentuk pengawasan terhadap tindak lanjut dari perintah Presiden RI melalui Menteri Pertanian tentang upaya mengoptimalkan produktifitas lahan-lahan pertanian dan lahan tidur milik TNI AD di wilayah Kodam IV/Diponegoro sebagai tindakan antisipatif menghadapi ancaman musim kemarau dan kekeringan yang diprediksi akan berlangsung cukup panjang sekaligus guna percepatan program swasembada pangan nasional.

Dalam kesempatan ini, Pangdam terjun secara langsung malaksanakan rangkaian panen raya bersama petani serta menanam padi hingga memastikan program pompanisasi bantuan dari Pemerintah berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Pangdam menyampaikan bahwa bantuan pompa air ini diharapkan dapat membantu para petani dalam menghadapi musim kemarau yang akan datang.

Pangdam juga menekankan tentang pentingnya komunikasi antara para kelompok Tani dengan Dinas Pertanian daerah setempat, dengan adanya komunikasi yang terbuka dan efektif, diharapkan program ketahanan pangan di Kabupaten Brebes dapat berjalan dengan sukses dan mencapai hasil yang maksimal.

“Intinya disini bagaimana kami menjembatani antara para petani, kelompok tani dengan pemerintahan baik di Provinsi maupun Pusat,” kata Pangdam.

Pangdam menegaskan bahwa Kodam IV/Diponegoro, akan selalu siap membantu para petani dan bergotong royong dalam mewujudkan program swasembada pangan.

“Pada dasarnya, kami akan berbuat secara maksimal dengan mengerahkan apa yang bisa kami berikan,” tandas Pangdam.

Pada kesempatan tersebut Pangdam turut membagikan sembako kepada masyarakat.

Rangkaian kegiatan kunjungan selanjutnya, Pangdam menuju ke Desa Kalinusu untuk meresmikan Jembatan Gantung Merah Putih yang menghubungkan Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu dengan Desa Pangebatan, Kecamatan Bantarkawung. Jembatan yang terbentang sepanjang 80 meter ini merupakan hasil inisiasi Dandim dan kerjasama antara Kodim 0713/Brebes dengan Pemda Brebes serta bapak Suntana dan Bank Jateng Cabang Brebes yang mulai dibangun sejak Maret lalu dan selesai pada pertengahan Mei 2024.

Total ada tiga jembatan yang berhasil dibangun yaitu Jembatan Gantung Merah Putih I di Dukuh Wadasgumantung, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong. Kemudian Jembatan Gantung Merah Putih II di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu dan Jembatan Gantung Merah Putih III di Dukuh Cisaat, Kecamatan Bantarkawung.

“Kita berharap bahwa Jembatan Gantung yang sudah berhasil dibangun ini akan dirawat dan dijaga bersama-sama sehingga dapat dipergunakan cukup lama,” imbuh Pangdam.

Pembangunan Jembatan Gantung Merah Putih ini menunjukkan komitmen Kodam IV/Diponegoro untuk senantiasa hadir membantu rakyat dalam mengatasi kesulitannya.

Hampir seluruh Masyarakat Kalinusu hadir dalam acara peresmian Jembatan Gantung Merah Putih, Rona Kebahagiaan dan ucap syukur nampak terlihat di Wajah masyarakat Desa Kalinusu.

“Terima Kasih Pak TNI, Terima Kasih sudah mewujudkan mimpi kami semua”, ungkap Kepala Desa Kalinusu.

Turut mendampingi dalam Kunjungan Pangdam Danrem 071/WK Kolonel Inf Jamaluddin, S.I.P., para Asisten Kasdam, Kapendam, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Sapto Broto, S.E., M.Si., Pj. Bupati Brebes Bapak Iwanuddin Iskandar, S.H., M. Hum. beserta jajaran Fokopimda, Kadis Pertanian serta Forkopincam Kab. Brebes dan Ketua Persit KCK Daerah IV/Diponegoro Ibu Sandi Deddy Suryadi beserta beberapa pengurus.

(Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *