HAMKAM  

Pangdam Kasuari Buka Persami SWK Tingkat Kodam, Siapkan Pemuda Berkarakter Wawasan Kebangsaan

Pangdam Kasuari Buka Persami SWK Tingkat Kodam, Siapkan Pemuda Berkarakter Wawasan Kebangsaan

Manokwari. – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, S.E., M.Tr.(Han)., CGCAE., lewat Upacara membuka secara langsung Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) terpusat tingkat Kodam yang dipadukan dengan penguatan Pembinaan Teritorial (Binter) TA. 2024, di Lapangan Kodim 1801/Manokwari, Papua Barat, pada Sabtu (3/2/2024).

Dalam Persami ini, Kodam XVIII/Kasuari juga menggelar rehabilitasi kawasan hutan wisata dan lahan basah serta Baksos berupa pengobatan massal dan pemberian 100 sembako, adapun total pohon yang ditanam padarseluruh wilayah Kodam XVIII/Kasuari sejumlah 7.450 tanaman pohon dan buah serta mangrove, selain itu juga melaksanakan pembersihan di teluk Sawaibu, yang melibatkan 1.845 personel gabungan TNI, Polri, Pramuka, Masyarakat dan Komponen Bangsa lainnya.

Pada amanat tertulis Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. yang dibacakan oleh Pangdam Kasuari menyampaikan kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan.

“TNI AD melaksanakan pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945”.

“Terselenggaranya kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar,” ungkapnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu Dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan Dan Lahan Basah”.

Dalam wawancara singkatnya dengan beberapa media yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Pangdam Kasuari yang juga sebagai Majelis Pembimbing TK. Daerah menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan agenda dari TNI AD khususnya di bidang Teritorial lebih khusus lagi di bidang Kepramukaan dimana yang dibentuk yaitu Saka Wira Kartika.

“Kita mempunyai kewajiban dalam merawat hutan, secara nasional kita sudah lakukan dan khususnya di Kodam juga sudah kita laksanakan. Kita menyiapkan generasi muda bukan hanya dari Tentara namun juga dari berbagai unsur lainnya, saya sudah berkoordinasi dengan instansi serta beberapa organisasi lainnya khususnya dalam rangka mendorong dan menyiapkan anak-anak muda sebagai generasi muda yang diarahkan sehingga memiliki karakter wawasan kebangsaan, jadi ini bukan merupakan proyek jangka pendek namun jangka panjang karena kita membangun dari hal yang kecil,” kata Pangdam.

Kegiatan ini diwarnai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Pangdam XVIII/Kasuari dan Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari diikuti dengan para tamu undangan lainnya.

Ikut dalam kegiatan ini, para unsur Forkopimda Papua Barat, Kasdam dan para pejabat utama Kodam XVIII/Kasuari, Danrindam XVIII/Kasuari, Kafasharkan, Danyonif 761/KA, pejabat Polda Papua Barat, Ka Kwarda Papua Barat, Kepala BPDAS, Kepala DLHKP, Kadis Pemuda dan Olahraga, Kadis PPKP, Kadisdik, Mabi Cabang Manokwari, Kepala BPBD, para Kepala Sekolah dan para Pengurus Persit KCK PD XVIII/Kasuari.

(Ikh)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *