Pangkalan TNI AU Supadio Gelar Upacara pengibaran Bendera Merah Putih Di Tapal Batas Negara RI dan adakan Baksos.

Rakyatmerdekanews.com – Sambas – Kalbar. Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio menggelar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke- 78 Republik Indonesia di Landasan Udara Liku, Desa Nibung, Kecamatan Paloh, Kab. Sambas, Kalbar, Kamis 17 Agustus 2023. Landasan Liku merupakan salah satu landasan yang akan menjadi Bandara Perintis di wilayah Barat, Kalimantan Barat (Kalbar) berbatasan dengan Sarawak, Malaysia.

Selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Lanud (Danlanud) Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Prasetiya Halim, S.H dan bertindak sebagai Komandan Upacara (Danup) Mayor Adm Imron Rosyadi I, S.E.

Upacara yang berlangsung khidmat ini juga dihadiri oleh Rektor Untan, Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Supadio Ny. Shinta Prasetiya Halim, para pejabat dijajaran TNI/Polri/Sipil dan Forkopimda Kab. Sambas dan Kec. Paloh.

Selain itu ada segenap Aparatur Sipil Negara (ASN), mahasiswa KKN Kebangsaan, organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan para pelajar di wilayah Kecamatan Paloh.

Upacara yang berlangsung khidmat dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Diawali Pengibaran Bendera Sang Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan pembukaan UUD 1945 dan pembacaan doa.

Dalam wawancaranya lansung, Danlanud Supadio mengatakan “Momentum peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 menjadi momentum bersejarah bagi Lanud Supadio karena pertama kali menggelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Landasan Udara, Liku, Paloh, Kabupaten Sambas. yang bertepatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia, Lanud Supadio menggelar upacara detik-detik Proklamasi di Landasan Liku yang merupakan Bandara Perintis di wilayah Barat, Kalimantan Barat, berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia,” paparnya.

Danlanud juga menambahkan bahwa “Setelah kegiatan upacara, kita bersama Rektor Untan menyerahkan secara simbolis Bendera Merah Putih kepada Kepala Desa-kepala Desa se-Kecamatan Paloh serta menyerahkan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat dari 8 Desa diwilayah Kecamatan Paloh juga kita bersama Pemda Sambas menyerahkan sertifikat tanah dari BPN”.jelasnya

Selain itu, ada bakti sosial berupa pengobatan umum dan pemeriksaan kesehatan gratis, pembagian kacamata baca gratis dan pembagian sembako serta gebyar musik kemerdekaan yang dilaksanakan.

“Usai pelaksanaan upacara bendera, Lanud Supadio juga melaksanakan bakti sosial kesehatan, pembagian sembako, pembagian bendera merah putih serta panggung hiburan. Kegiatan ini kami persembahkan dan dedikasikan untuk masyarakat disekitar wilayah Landasan Liku, Paloh. Semoga semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Lanud Supadio dapat bermanfaat bagi masyarakat Paloh, Kabupaten Sambas,” Harapnya sembari menutup.

 

Ah/Tim

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *