Peduli Lansia, RSUD Tugu Koja Lakukan “Soul Healing” ke Monas dan Ragunan

Rakyatmerdekanews.com – Jakarta Utara – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugu Koja melaksanakan Wisata Rekreasi bagi Lansia Gardenia ke Monumen Nasional (Monas) dan Kebun Binatang Ragunan, Sabtu (28/10/2023). Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan Jiwa dan Raga para Lansia Gardenia yang berjumlah 145 jiwa.

“Tidak hanya raga yang harus dijaga, tapi kesehatan Jiwa juga wajib dipelihara. Kalau kesehatan raga, kita rutin melaksanakan senam di setiap rabu pagi. Untuk itu kita akan rutinkan refreshing ini menjadi Agenda Tahunan,” ungkap Direktur Utama, RSUD Tugu Koja dr. Dwian Andhika yang diwakili Humas RSUD Tugu Koja, Ns. Nani Cahya S.Kep saat ditemui pewarta di sela giat wisata jiwa di Halaman Monas, Sabtu Pagi (28/10/2023).

Nani menjelaskan Group Lansia Gardenia ini berdiri sejak tiga tahun lalu yang pesertanya didominasi oleh pasien-pasien RSUD Tugu Koja. Namun, pihaknya juga membuka bagi siapapun yang ingin bergabung dengan minimal usia 45 tahun. Ia menjelaskan, berbagai kegiatan rutin dilaksanakan untuk menjaga kebugaran para Lansia.

“Setiap senin kita juga adakan renang terapi saraf kejepit di kolam renang Rawa Badak Selatan. Kegiatan ini kita kolaborasi dengan Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Utara dan Forum Komunitas Lanjut Usia,” tutupnya

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan medik dan perawatan, dr. Dian Angrainy berpesan kepada seluruh peserta Lansia Gardenia untuk tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan pikiran positif.

“Jangan memikirkan hal yang tak perlu untuk dipikirkan. Kadang-kadang banyak yang sudah lanjut usia seperti inikan sering berpikir hal-hal yang seharusnya tidak dipikirkan. Intinya, jaga kesehatan jiwa raga dengan hidup sehat dan pola pikir yang bahagia, gunakan kesempatan yang ada sehingga tetap merasa berguna bagi semuanya,” tukasnya.

Apresiasi kepada Direktur Utama RSUD Koja

Terpisah, Ketua Lansia Gardenia, Bidan Yogianna Manurung (70) mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh RSUD Koja. Pasalnya, ia mengklaim banyak para Lansia yang sebenarnya bahagia bila berjalan bersama teman-temannya dibanding liburan bersama keluarga.

“Dari pengakuan teman-teman Lansia. mereka lebih gembira kalau liburan bersama teman. Lansia sering menghadapi stres, susah tidur, dan rentan diserang penyakit. Jadi untuk memperpanjang umur dan menanggulangi hal-hal negatif, makanya kita sangat mendukung liburan ini untuk penyembuhan jiwa (Soul Healing).” tutupnya.

 

Amatan Tim Humas PWI Jakarta Utara, sekitar 07.15 WIB, dua armada Bus Transjakarta yang membawa rombongan Lansia Gardenia tiba di Halaman Monas pukul 07.15 WIB. Senyum bahagia menyelimuti wajah para Lansia yang mengikuti program Wisata ke Monas dan Ragunan. Mereka dengan tertib menaati aturan yang sesekali digaungkan melalui pengeras suara oleh pemandu wisata. Terdengar juga sorakan dari sekumpulan Lansia wanita yang mengapresiasi Direktur Utama RSUD Koja

“Terima kasih Pak Dirut yang peduli Lansia, terima kasih RSUD Tugu Koja, semangat, sukses, Ok,” ujarnya peserta sambil melambaikan tangan ke kamera para pewarta.

Usai swafoto bersama dan mengelilingi Monas. Lansia Gardenia melanjutkan perjalanan menuju titik wisata kedua, yakni Kebun Binatang Ragunan. Rombongan tiba pukul 09.39 WIB. Raut bahagia terlihat saat rombongan mulai menginjakan kaki di pintu masuk Kebun Binatang yang dikelola oleh Pemda DKI Jakarta itu. Mereka pun beristirahat sejenak di pelataran Taman Margasatwa Ragunan sambil menikmati makan siang di bawah pohon rindang yang menjadi pelindung dari teriknya sengatan matahari.

Tak hanya itu, acara tampak meriah ketika diselipkannya tukar kado antar lansia gardenia. Hal ini demi mengikat rasa keakraban dan kebersamaan demi terciptanya rasa keharmonisan.

Senada, salah satu peserta Lansia Pria yang Akrab disapa Yanto (63) mengaku senang berinteraksi dan mengikuti program dari RSUD Tugu Koja. Sebab, menurutnya, sikap dari dokter, petugas medis hingga pegawainya memiliki sikap servis yang baik.

“Pelayanan bagus, pegawainya ramah dan santun. Enaklah pokoknya,” tandasnya. (CS)

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *